Sukses

7 Kelebihan Introvert di Tempat Kerja, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda seorang introvert, sangat mungkin jika mempertanyakan kemampuan diri untuk bersaing dalam budaya kantor yang serba cepat.

Adalah normal juga bila Anda ragu dengan diri sendiri ketika melihat para ekstrovert yang berisik memamerkan bakat mereka dan berkembang lebih baik di dalam lingkungan yang lebih menghargai kemampuan berbicara.

Padahal seorang introvert juga memiliki kelebihan. Jika Anda seorang introvert maka mampu lebih bijaksana dan yang pasti jauh lebih tenang.

Konsentrasi yang intens, proses berpikir yang sangat perseptif, dan kesiapan untuk mengamati daripada menjadi keunggulan kaum introvert juga. Mereka memiliki beberapa sifat yang mengagumkan.

Pendekatan yang tenang dan fokus dari introvert memungkinkan wawasan yang lebih dalam dan potensi untuk menghasilkan solusi produktif untuk masalah organisasi.

Kelebihan ini dapat memberikan introvert keunggulan kompetitif di tempat kerja yang tidak stabil, Seperti dikutip dari Business Insider, berikut ini kelebihan kaum introvert:

2 dari 3 halaman

1. Refleksi

Orang introvert cenderung berpikir sebelum berbicara. Dengan menggunakan energi yang tenang untuk berefleksi secara hati-hati, para introvert menampilkan diri mereka juga siap untuk pertemuan bisnis atau presentasi.

Memproses ide atau solusi secara menyeluruh adalah alat yang hebat untuk menetapkan strategi yang lebih mungkin menghasilkan kesuksesan dalam jejaring dan wawancara.

Mengekspresikan hanya satu pendapat atau gagasan yang sangat bijaksana dapat memberi Anda pengakuan dalam rapat atau untuk bekerja pada proyek khusus dibanding banyak pertanyaan tapi tidak berbobot 

2. Kemampuan untuk Mendengarkan

Hanya karena seseorang banyak berbicara, tidak berarti mereka juga bijaksana dalam hal mendengarkan.

Pendengar yang baik dengan desain, introvert lebih suka untuk mengambil semua informasi terkait sebelum berbicara, tetapi kemudian mereka sering mengejutkan pendengar mereka dengan membuat komentar yang relevan.

Introvert sering unggul dalam menarik orang keluar, bakat yang cocok untuk membangun dan mempertahankan hubungan bisnis yang kuat. Kemampuan alami Anda untuk mendengarkan membangun kepercayaan pada rekan bisnis Anda.

3. Fokus

Tempat kerja adalah tempat dari banyaknya masalah-masalah yang tidak ditangani, tetapi ini jadi peluang introvert, yang menggunakan konsentrasi intens mereka untuk menyelidiki, menganalisis, dan sampai ke dasar masalah bisnis yang kompleks.

Keuntungan bagi Anda, kegemaran seorang introvert untuk berkonsentrasi tinggi sangat cocok untuk menyumbat kebocoran, menghilangkan kekurangan, dan menghasilkan solusi yang kreatif dan efektif.

4. Ketenangan

Orang introvert cenderung tetap tenang dan tenang ketika berada di suatu konflik atau ketika berbuat kesalahan.

Mereka adalah pemikir yang cermat dan berhati-hati, mereka jarang bertindak impulsif dan meluangkan waktu untuk menilai situasi atau krisis yang sulit.

Kombinasi sikap Anda yang tenang dan penalaran reflektif sering memungkinkan Anda untuk menemukan perbaikan konstruktif selama situasi sulit.

3 dari 3 halaman

5. Kemampuan Menulis

Tidak perlu melawan alam dengan bersaing dengan ekstrovert yang lebih verbose dan berorientasi aksi.

Introvert cenderung menjadi penulis kuat yang memanfaatkan pengamatan dan pemikiran yang matang untuk menulis teks yang berpusat pada industri, ditaburi bakat dan pengetahuan bawaan mereka yang mengesankan.

Menulis memungkinkan Anda untuk memikirkan hal-hal secara bebas dan menyeluruh, tanpa gangguan, di ruang yang tenang - dan tetap menjadi diri Anda yang asli.

Keterampilan menulis Anda adalah unsur penting dalam menjalankan bisnis dan menampilkan keahlian Anda.

6. Kreativitas

Introvert menggunakan kesunyian untuk memberi energi pada pikiran dan ide-ide mereka.

Saat yang tenang dan sunyi adalah waktu bagi Anda untuk bermimpi, memanggil imajinasi, dan melahirkan ide-ide baru yang dapat memengaruhi pertumbuhan dan kesuksesan karier Anda.

7. Sensitivitas

Mempertimbangkan terlalu banyak skenario sekaligus dapat menyebabkan introvert untuk berpikir berlebihan, tetapi aspek sifat Anda ini membuat Anda lebih sensitif dan responsif terhadap perasaan dan kepekaan kolega dan klien.

Introvert tahu bagaimana rasanya merasa tidak terlihat atau diabaikan dalam kelompok besar, sehingga mereka sering memastikan bahwa setiap orang yang relevan dengan suatu masalah atau situasi adalah bagian integral dari percakapan atau rapat kerja.

Di tempat kerja, Anda mungkin harus bergerak di luar zona nyaman Anda dan menantang diri Anda sendiri untuk memperluas wawasan.

Tetapi jika Anda santai dan membiarkan kekuatan batin positif Anda membimbing Anda, introversi bisa menjadi perjalanan yang menuntun Anda ke jalan menuju peluang dan kesuksesan.

 

Reporter : Danar Jatikusumo

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Selebritis Ini Berjuang Melahirkan di Saat Pandemi Virus Corona Covid-19
Artikel Selanjutnya
Makin Jago Bahasa Indonesia, Choi Siwon Disarankan Membuat KTP