Sukses

Tol Bogor Ring Road Seksi IIIA Beroperasi Gratis saat Lebaran 2020

Selama dioperasikan secara fungsional pada arus mudik, Tol Bogor Ring Road akan digratiskan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Marga Sarana Jabar memastikan jalan tol layang Bogor Outer Ring Road Seksi IIIA yang tengah dibangun dapat dioperasikan secara fungsional pada arus mudik atau balik Lebaran tahun 2020.

Saat ini, progres proyek pembangunan tol ruas Simpang Yasmin-Simpang Salabenda mencapai 80 persen.

"Targetnya Maret-April sudah selesai dan bulan Mei sudah bisa dibuka untuk fungsional Lebaran," kata Dirut PT Marga Sarana Jabar Hendro Atmojo, Rabu (22/1/2020).

Selama dioperasikan secara fungsional pada arus mudik, ruas tol tersebut akan digratiskan. Artinya, pengendara cukup membayar sesuai tarif yang ada saat ini mulai dari Sentul Barat sampai Simpang Salabenda maupun arah sebaliknya.

"Nanti difungsikannya termasuk fly over. Jadi nanti dari pintu Tol Sentul Selatan kendaraan bisa langsung lewat fly over ke arah pintu Sentul Barat menuju Yasmin tanpa harus melewati persimpangan," terangnya.

Project Manager PT Pembangunan Perumahan, Yusuf Luqman mengakui, pengerjaan jalan tol Seksi IIIA sepanjang 2,85 kilometer meleset dari target yang semula pada akhir 2019.

Molornya pengerjaan fisik tol layang ini disebabkan karena beberapa faktor, diantaranya terkendala pembebasan lahan, kecelakaan kerja, dan pemindahan tiang listrik.

"Faktor ini sehingga kami tidak bisa menyelesaikan pengerjaan tepat waktu. Namun ada adendum 3 bulan jadi Maret-April dipastikan selesai, dan Juli sudah bisa dioperasikan," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hak Konsesi

Selama tiga bulan kedepan, lanjut Yusuf, masih ada pekerjaan erection tol layang, utilitas, dan off ramp di ruas Cibadak.

"Untuk mempercepat waktu pekerjaan kami akan menambah 6 unit alat untuk memasang girder," kata dia.

Untuk diketahui, PT Marga Sarana Jabar selaku operator tol Bogor Outer Ring Road mendapatkan hak konsesi dari Jasa Marga sepanjang 11 kilometer.

Proyek dibagi lima seksi, yaitu Seksi I ruas Sentul Selatan-Kedung Halang sepanjang 3,85 km dan telah beroperasi sejak tahun November 2009.

Kemudian, Seksi IIA ruas Kedung Halang-Kedung Badak sepanjang 1,95 km telah beroperasi sejak Mei 2014. Selanjutnya, Seksi IIB ruas Kedung Badak-Simpang Yasmin sepanjang 2,65 km, yang sudah dioperasikan akhir Juni 2018.

Tahap berikutnya, Seksi IIIA meliputi ruas Simpang Yasmin-Semplak sepanjang 3,85 km, yang sedang dimulai pengerjaannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.