Sukses

Ingin Berhemat Uang Lebih Banyak? Ini Tips Sederhananya

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang harus berjuang menabung untuk bisa memenuhi berbagai kebutuhan mereka. Menabung adalah satu-satunya pilihan untuk memastikan mereka memiliki uang ketika membutuhkannya.

Tetapi menabung lebih mudah dikatakan, daripada dilakukan karena rintangan terbesar yang dihadapi seseorang dalam menabung uang hasil jerih payahnya adalah memulai.

Jika Anda termasuk dintaranya, berikut adalah beberapa tips mudah dan sederhana untuk menghemat lebih banyak uang untuk membantu memenuhi tujuan keuangan Anda. Simak tipsnya, seperti mengutip laman Timesofindia, Senin (18/11/2019).

1. Uang yang tidak terbuang adalah uang yang disimpan

Uang, seperti air, mengalir bebas dari tangan kita. Sebagian kebanyakan menyia-nyiakannya tanpa menyadarinya.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengenali area di mana Anda menghabiskan uang tanpa berpikir. Itu bisa berupa apa saja, seperti tamasya akhir pekan di tempat-tempat mahal, berbelanja impulsif, membeli hadiah yang tidak perlu, dan lainnya.

Jadi, begitu Anda mengumpulkan pengetahuan tentang di mana Anda membuang-buang uang, segera mengambil tindakan untuk menghentikannya. Ingat, uang yang tidak disia-siakan adalah uang yang disimpan!

2. Sisihkan uang tabungan secara sustematis

Penting untuk mengalokasikan tabungan Anda sesuai dengan persyaratan dan tujuan di masa depan. Anda perlu belajar bagaimana memprioritaskan tujuan untuk menabung dan juga melakukan penghematan jangka panjang dan jangka pendek.

Misalnya, menabung untuk membeli rumah mungkin merupakan rencana jangka panjang, tetapi jika Anda ingin membeli mobil tahun depan, ini bisa menjadi rencana jangka pendek Anda.

Ketika Anda membuat rencana penghematan yang sistematis, Anda secara otomatis berakhir dengan menabung lebih banyak.

 

2 dari 2 halaman

3. Mulai dari yang kecil dan stabil

 

Ini adalah kesalahan terbesar yang dilakukan banyak orang. Mereka mencoba menabung dalam jumlah besar tanpa memikirkan uang yang mereka butuhkan untuk pengeluaran rutinnya.

Jangan membuat diri Anda dengan mencoba menabung dalam jumlah yang terlalu besar karena ini hanya akan membuat menyerah di tengah jalan.

Tetapkan tujuan yang realistis dan mulailah dari yang kecil dan tetap. Dan begitu Anda menjadikannya kebiasaan, cobalah menambah jumlahnya secara perlahan-lahan.

4. Kembangkan tabungan melalui investasi 

Jangan hanya berhenti menabung dan membiarkan jumlah sisanya berada di rekening bank Anda. Menginvestasikan uang dengan bijak akan terbukti jauh lebih bermanfaat daripada hanya menabung saja.

Ada banyak rencana keuangan yang tersedia di pasar yang menjanjikan keuntungan yang tak terbayangkan.

Namun Sebelum Anda menginvestasikan uang hasil jerih payah Anda, konsultasikan dengan pakar keuangan dan lakukan riset untuk mengetahui rencana keuangan yang aman yang sesuai dengan kebutuhan.