Sukses

PLN Mulai Antisipasi Pasokan Listrik di Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Distribusi Jakarta (Disjaya) mulai memitigasi risiko keamanan kelistrikan untuk mengantisipasi musim hujan yang mulai mengguyur DKI Jakarta.

General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya, M. Ikhsan Asaad mengatakan, ‎PLN sudah melakukan antisipasi musim hujan di Jakarta. Caranya dengan melakukan pemeliharaan terhadap 189 gardu distribusi yang memasok rumah pompa di tempat-tempat penting. Gardu tersebut pun sudah ditinggikan sehingga jika wilayah sekitar gardu tersebut banjir, gardu tidak ikut terendam.

"Data historis ada 17 Kecamatan 25 kelurahan dan 86 RW rawan banjir. Pasti disini ada gardu PLN, kabel listrik PLN dan pelanggan PLN," kata Ikhsan, di Kantor PLN Disjaya, Jakarta, Kamis (7/11/2019).

‎Ikhsan melanjutkan, antisipasi berikutnya juga meninggikan sebanyak 62 gardu distribusi di daerah rawan banjir. Selain itu, PLN juga melakukan inspeksi dan pemeliharaan terhadap kabel tegangan rendah untuk segera dilakukan perbaikan, terutama di lokasi yang sering digunakan untuk berteduh pada saat hujan.

"Gardu ditinggikan 1,5 meter - 2 meter minimal gardu aman kalau mati bisa satu kampung kesetrum semua. Meninggikan instalasi sebanyak 62 gardu distribusi," tuturnya.

 

2 dari 4 halaman

Automatic Change Over (ACO)

‎PLN juga melengkapi rumah pompa yang telah dilengkapi dengan Automatic Change Over (ACO). Dengan begitu, jika pasokan utama ke rumah pompa mengalami gangguan, maka pasokan listriknya akan otomatis berpindah ke pasokan cadangan, sehingga rumah pompa akan tetap bisa beroperasi sebagaimana mestinya.

"Selain itu PLN juga menyiapkan tim Detasemen Layanan Khusus 123 (Denyansus 123), posko siaga, ruang Disaster Recover Center, serta koordinasi dengan instansi terkait," tandasnya.

3 dari 4 halaman

PLN Minta Masyarakat Jauhi Instalasi Listrik Saat Hujan

PT PLN Distribusi Jakarta Raya mengimbau masyarakat agar lebih selektif memilih tempat berteduh‎ saat hujan. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan berupa sengatan listrik.

General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya M Ikhsan Asaad mengatakan, ‎masyarakat yang berteduh dari hujan harus menghindari instalasi kelistrikan. Hal ini karena aliran air mampu menjadi media penghantar arus listrik.

"Jangan berteduh dekat dengan instalasi kelistrikan, seperti tiang, gardu, penerangan jalan umum,"‎ kata Ikhsan, di Kantor PLN Disjaya, Kamis (7/11/2019).

Ikhsan kembali mengingatkan masyarakat yang ingin menggunakan peralatan listrik‎. Masyarakat harus memastikan kondisi tangan dalam keadaan kering demi mengindari sengatan listrik dari peralatan yang digunakan.

‎"Dalam kondisi basah jangan menyetuh peralatan listirk, atau menggunakan sarung tangan karet," tuturnya.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
EBT jadi Andalan PLN Kejar Rasio Elektrifikasi 100 Persen
Artikel Selanjutnya
PLN Serahkan Pencabutan Subsidi Listrik 900 VA RTM ke Pemerintah