Sukses

Jokowi Bakal Tinjau Bekas Kerusuhan di Wamena Minggu Ini

Presiden Jokowi berencana melakukan kunjungan kerja ke Papua pada Sabtu (26/10) hingga selasa (29/10)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berencana melakukan kunjungan kerja ke Papua pada Sabtu (26/10) hingga selasa (29/10). Rencana mereka akan mengunjungi jembatan holtekamp dan melakukan tinjauah setelah kerusahan di Jayapura, Wamena.

"Sabtu,pasti melihat kegiatan-kegiatan yang sedang dilaksanakan setelah kerusuhan ada di Jayapura, Wamena," kata Basuki di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (24/10).

Tetapi dia belum merinci beberapa titik yang akan dikunjungi bersama Jokowi. Menurut dia, kunjungan tersebut akan berlanjut menuju Ambon hingga Palu.

"Jadwalnya rutenya belum dapat, tapi tadinya mau dari Jayapura dulu atau Sorong dulu. Lalu keliling lalu ke Manokwari, lalu Jayapura, lalu diteruskan ke Ambon dan ke Palu. Jadi mungkin sampai selasa," kata Basuki.

Sebelumnya diketahui terjadi kerusuhan di Wamena, Papua, 23 September 2019. Kerusuhan tersebut mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. Lewat Kementerian Sosial, pemerintah telah menggelontorkan dana bantuan sebanyak Rp 4,6 miliar.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serahkan Bantuan

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan jika bantuan yang diberikan sesuai dengan usulan yang diajukan oleh pemerintah daerah (Pemda). Agus Gumiwang menyebut jika semua usulan bantuan dari Pemda dipenuhi oleh pemerintah.

"Mensos menyediakan bantuan sesuai yang menjadi usulan Pemda. Sekarang sudah pada titik untuk Wamena saja Rp4,6 miliar. Ini terus berjalan," ujar Agus Gumiwang di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) di Kalasan, Kabupaten Sleman, Rabu (16/10).

"Sekali lagi kami sampaikan semua usulan yang menjadi kebutuhan dari Wamena, dari Jayapura yang terkait atau akibat dampak kerusuhan, usulan-usulan dari Pemda tidak ada satu pun yang kami coret. Tidak ada satupun yang kami kurangi. Semua kami alokasikan, kami berikan, kami akomodir," ungkap Agus Gumiwang.

 

Reporter: Intan Umbari Prihati

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.