Sukses

Mau Penjualan Terdongkrak, Begini Strateginya

Sebagai pebisnis Anda juga harus berupaya keras membuat konsumen ini loyal.

Liputan6.com, Jakarta Mendapatkan konsumen dalam jumlah besar tentu jadi salah satu tujuan bisnis. Sebab ini merupakan jalan Anda menciptakan angka penjualan yang tinggi.

Namun bukan hanya sekadar mendapatkan konsumen saja, sebagai pebisnis Anda juga harus berupaya keras membuat konsumen ini loyal pada bisnis yang Anda jalankan. Anda perlu membuat konsumen menjadi pelanggan tetap.

Sehingga mereka akan senantiasa setia dan tidak berpaling pada produk serupa di pasaran. Ada banyak cara yang dilakukan para pebisnis untuk mendapatkan pelanggan yang seperti ini, salah satunya dengan memberikan program loyalitas dalam berbagai bentuk. 

Program loyalitas merupakan bentuk strategi bisnis yang digunakan untuk menumbuhkan kesetiaan pada pelanggan lama dan sekaligus menarik para pelanggan baru ke dalam bisnis itu sendiri.

Program loyalitas berbeda dengan program diskon yang biasanya langsung bisa dinikmati ketika membeli produk tertentu. Di dalam program loyalitas, pelanggan baru akan menikmati program loyalitas ini setelah mereka melakukan pembelian produk.

Biasanya program ini diberikan dalam bentuk poin dan yang lainnya. Dengan program ini, pelanggan diharapkan akan melakukan pembelian kembali, bahkan dalam jumlah yang lebih banyak lagi.

Namun di dalam praktiknya, benarkah program loyalitas seperti ini bisa meningkatkan angka penjualan produk Anda secara maksimal? Tentu saja, ini alasan kenapa program loyalitas itu efektif dongkrak penjualan, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Bisa Bikin Bisnis Jadi Berbeda dengan Lainnya

Saat Anda memiliki program loyalitas dan menawarkan keuntungan lebih kepada pelanggan, maka secara otomatis Anda sedang membangun merek produk atau jawa menjadi lebih dikenal luas.

Bisnis Anda akan menonjol dan berbeda dari bisnis sejenis lainnya di pasaran, sehingga bisnis tersebut menjadi lebih mudah dikenal. Pelanggan menyukai hal-hal seperti ini, terutama penawaran dalam bentuk poin dan hal lainnya yang bisa memberikan mereka keuntungan ketika berbelanja. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Membuat Konsumen Sering Belanja

Ketika Anda memberikan poin dalam program loyalitas di bisnis Anda, maka para pelanggan akan menjadi lebih aktif dan mencari tahu berbagai penawaran menarik yang Anda berikan. Pelanggan menginginkan keuntungan ketika berbelanja dan hal ini membuat mereka lebih sering membeli.

Mereka akan lebih sering belanja dan memanfaatkan program yang Anda tawarkan, sehingga mereka bisa melakukan pembelian yang lebih menguntungkan. Di lain sisi, hal ini juga tentu akan meningkatkan angka penjualan bisnis Anda tersebut. 

3. Merek Mudah Terbangun Karena Melibatkan Pelanggan

Tidak sekadar melakukan pembelian ulang, pelanggan juga cenderung memamerkan berbagai hal yang mereka anggap menguntungkan. Program loyalitas akan membuat pelanggan senang dan lebih percaya pada bisnis Anda.

Hal ini biasanya ditunjukkan dalam berbagai hal, mulai dari promosi secara langsung kepada teman atau keluarga mereka, hingga memamerkan produk Anda pada media sosial yang mereka miliki.

Apapun bentuknya, sikap pelanggan yang seperti ini bisa membantu Anda membangun merek bisnis dengan lebih maksimal. 

3 dari 3 halaman

4. Meningkatkan Nilai Pembelian Pelanggan

Saat Anda memberikan reward melalui poin kepada pelanggan, mereka akan menjadikan ini sebagai salah satu alasan untuk kembali lagi dan melakukan pembelian. Hal seperti ini juga akan terjadi pada pelanggan baru, bahkan yang baru pertama kali membeli produk Anda.

Anda akan mendapatkan lebih banyak pesanan, baik itu dari pelanggan baru maupun pelanggan lama yang semakin loyal pada produk Anda. Sistem pengumpulan poin seperti ini juga membuat pelanggan cenderung membelanjakan lebih banyak uang jika dibandingkan waktu pertama kali membelinya.

Lebih banyak kunjungan pelanggan dan lebih banyak pembelian dengan nilai pesanan yang lebih tinggi, angka penjualan Anda tentu akan meningkat dengan tajam. Untuk memberikan kenyamanan dan juga daya tarik yang lebih maksimal, Anda bisa menciptakan program loyalitas berjenjang dengan berbagai penawaran beragam buat para pelanggan.

5. Bisa Memperbesar Peluang untuk Direferensikan

Angka penjualan sangat mungkin tercipta ketika pelanggan mereferensikan bisnis Anda kepada kolega atau bahkan keluarga mereka. Hal ini tentu hanya Anda dapatkan jika pelanggan merasa puas dengan produk dan layanan dari bisnis Anda.

Peluang seperti ini akan menjadi lebih besar saat Anda memiliki program loyalitas bagi para pelanggan bisnis Anda. Sebab pelanggan akan cenderung mereferensikan berbagai hal yang membuat mereka senang dan merasa diuntungkan.

Hal ini tentu memberikan peluang meningkatnya angka penjualan Anda, bukan? Jadi, jangan ragu lagi melakukan program loyalitas buat para konsumen.

Maksimalkan Kinerja Bisnis Anda

Program loyalitas menjadi salah satu sarana terbaik untuk meningkatkan bisnis yang Anda jalankan. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari program ini, salah satunya meningkatnya angka penjualan produk di dalam bisnis Anda. Manfaatkan program loyalitas ini, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dari bisnis tersebut di masa yang akan datang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.