Sukses

Kuliah di Luar Negeri? Baca Hal Penting Ini Sebelum Berangkat

Liputan6.com, Jakarta - Merencanakan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri sejak lama? Kamu tentu sangat bersemangat ketika akhirnya waktunya tiba.

Dalam kondisi seperti ini, bisa saja perasaan kamu bercampur aduk, antara senang dan juga sedih karena harus berpisah dengan keluarga untuk sementara waktu. Wajar saja, mengingat kamu akan menempuh pendidikan dan tinggal dalam waktu yang cukup lama di luar negeri.

Namun untuk menggapai cita-cita, kamu tentu sudah mempersiapkan diri dengan baik sejak jauh-jauh hari, bukan?

Bukan hanya saat keberangkatan saja, kamu juga perlu melakukan berbagai persiapan lainnya setelah tiba di negara tujuan. Jangan sampai kamu mengalami kendala di negeri orang, hanya karena tidak memahami berbagai hal penting yang harus diselesaikan dengan baik setibanya di sana.

Persiapkan dan rencanakan segala sesuatunya, sehingga berbagai urusan yang penting dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Begini cara bertahan di awal kuliah di luar negeri biar lancar, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pahami Prosedur Penjumputan di Bandara

Kamu akan tiba di negara lain dan mengawali sesuatu yang baru. Sehingga sangat penting mempersiapkan kedatangan dengan baik.

Pastikan kamu mendapatkan bantuan dari konsultan pendidikan, agar bisa difasilitasi dengan penjemputan di bandara setibanya di sana. Biasanya hal ini akan dilakukan oleh pihak kampus ataupun layanan akomodasi yang kamu gunakan.

Pahami prosedur penjemputan ini dengan baik sejak awal, agar kamu bisa melewati hari pertama di negara tujuan dengan nyaman dan tenang.

2 dari 6 halaman

2. Jangan Lupa Bawa Uang Tunai Negara Tujuan

Akan sangat baik jika kamu tiba di negara tujuan dengan sejumlah uang tunai di tanganmu. Namun jika belum, maka kamu harus segera menukarkan sejumlah uang tunai di negara tersebut untuk berbagai kebutuhan pertamamu di sana.

Jika terpaksa, maka kamu bisa menukarkan sedikit uang di bandara, mengingat layanan biro penukaran uang di sana akan mengenakan biaya yang cukup tinggi. Selanjutnya, cobalah menukarkan uang tunai setidaknya untuk biaya hidup selama sepekan.

Dengan sejumlah uang ini, kamu sudah bisa mengurus berbagai hal, termasuk membuka rekening bank lokal sesuai kebutuhan.

3. Segeralah Memberi Kabar Keluarga di Tanah Air

Jangan lupa untuk segera mengaktifkan telepon, agar kamu bisa berkirim kabar tentang kondisimu kepada orang-orang terdekat. Segera hubungi keluarga dan sampaikan kabar tentang kondisimu di negara tujuan tersebut.

Kamu bisa menyapa mereka melalui layanan chat ataupun video call, sehingga mereka merasa tenang dan tak lagi khawatir tentang perjalananmu.

3 dari 6 halaman

4. Abadikan Momen-Momen Pertama Setibanya di Luar Negeri

Selama sepekan pertama di negeri orang, kamu akan mendapatkan banyak sekali pengalaman baru. Ini akan menjadi kenangan yang mengharukan dan sekaligus menyenangkan, sehingga perlu kamu abadikan dengan cara yang tepat.

Ambil beberapa foto yang unik dan tuliskan apa saja yang kamu rasakan selama sepekan pertama di sana. Kamu bisa membagikan ini melalui akun media sosial atau bahkan menyimpannya di blog dan buku harianmu.

5. Bongkar Koper dan Menata Kamar

Buat bisa belajar dengan nyaman, kamu akan membutuhkan kamar yang tenang dan rapi. Mulailah membongkar kopermu dan menata segala sesuatunya dengan baik, sehingga mempermudah beraktifitas dengan nyaman di kamarmu.

Jangan lupa untuk membeli beberapa perlengkapan yang kamu butuhkan, seperti: hanger, peralatan mandi, sandal rumah, dan yang lainnya.

4 dari 6 halaman

6. Beradaptasi dan Temukan Teman

Harimu akan lebih menyenangkan ketika kamu memiliki teman di negeri orang. Jangan hanya diam saja di kamar, kamu juga perlu beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan juga kampusmu.

Mulailah membuka diri pada orang-orang baru, terutama mereka yang berasal dari kampus sama atau bahkan yang berasal dari Indonesia. Namun meski begitu, pastikan kamu selektif dalam memilih teman dan tetap mengutamakan urusan kuliahmu.

7. Dapatkan Kontak Awal

Selain dengan teman-teman baru yang ditemui sendiri, kamu juga perlu mendapatkan kontak awal dengan orang-orang lainnya. Kamu bisa membina hubungan dengan teman keluarga atau bahkan staf pemasaran kampus, sehingga kamu bisa memiliki referensi tentang banyak hal.

Sebab kamu akan membutuhkan berbagai informasi lain, seperti restoran Indonesia di wilayah tersebut, aktifitas kampus yang bisa diikuti, atau bahkan perkumpulan orang Indonesia di kota/wilayah tersebut. Semua ini akan membuatmu lebih nyaman dan mudah menyesuaikan diri di sana.

5 dari 6 halaman

8. Kenali Kampusmu dengan Baik

Jangan lupa untuk mulai membiasakan diri dengan lingkungan kampus, mengingat kamu akan melakukan banyak aktifitas di tempat ini. Mulailah dengan belajar tentang moda transportasi yang bisa digunakan, sehingga kamu bisa bepergian dengan mudah ke kampus.

Pelajari juga tata letak berbagai gedung dan juga ruangan kuliah di sana, agar kamu bisa melakukan aktivitas dengan lancar. Jika perlu, mintalah bantuan kepada teman kampus untuk membawamu menjelajahi seluruh area kampus. 

9. Selesaikan Urusan-urusan Pentingmu

Untuk kelancaran aktivitasmu, segeralah menyelesaikan berbagai urusan kecil dan penting dalam minggu pertama kedatanganmu. Ada banyak hal yang harus kamu lakukan, seperti: melapor ke kedutaan, belanja perlengkapan masak, membeli kartu langganan bus, mencari toko buku murah, membuka rekening bank, mendaftar kelas kuliah, dan sebagainya.

6 dari 6 halaman

10. Nikmati Harimu dan Berusahalah untuk Tetap Nyaman

Meski kamu sudah melakukan banyak persiapan awal, bisa saja hari pertama kuliahmu tidak akan sesuai dengan harapan. Berbagai masalah sangat mungkin terjadi, apalagi di masa-masa pertama beradaptasi.

Jangan bersedih dan kecewa, pastikan kamu tetap menikmati semua proses ini dengan semangat. Tetaplah nikmati harimu dan berusahalah membuat dirimu senyaman mungkin, agar betah dan bisa mencapai tujuanmu.

Atur Kedatanganmu dengan Baik Sejak Awal ke Negeri Orang

Kuliah di luar negeri memang tidak selalu semudah yang dibayangkan, apalagi jika ini akan menjadi perjalanan pertamamu ke negeri orang. Pastikan kamu mengatur dan merencanakan kedatangan dengan baik, sehingga semua perjalananmu bisa lancar. Selain itu, lakukan juga berbagai hal yang akan membuat proses adaptasimu bisa berjalan mudah dan lebih nyaman.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Pentingnya Kartu Kredit untuk Kembangkan Bisnis Online!
Artikel Selanjutnya
Tahukah, Melakukan Ini di Akhir Pekan Bikin Sulit Sukses