Sukses

5 Keluarga Terkaya di Dunia, Ada Raja Saudi

Siapa saja sosok keluarga terkaya di dunia saat ini?

Liputan6.com, Washington D.C. - Keluarga Al Saud masuk ke daftar keluarga terkaya di dunia versi Bloomberg. Kekayaan keluarga Al Saudi ditaksir mencapai USD 100 miliar atau Rp 1.418 triliun (USD 1 = Rp 14.188).

Sumber kekayaan terbesar keluarga Al Saudi adalah besarnya sumber daya alam mereka: minyak. Meski demikian, Pangeran Mohammed bin Salman yang akan menjadi raja sedang berusaha mengubah ketergantungan tersebut.

Secara global, harta 25 keluarga terkaya mengendalikan kekayaan sebesar USD 1,4 triliun (Rp 19.863 triliun). Kekayaan mereka juga bertambah USD 250 miliar (Rp 3.546 triliun) ketimbang tahun sebelumnya.

Berikut 5 keluarga terkaya di dunia versi Bloomberg beserta sumber kekayaan mereka:

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Keluarga Wertheimer

Kekayaan: USD 57,6 miliar (Rp 817,2 triliun)

Pada 1924, Pierre Wertheimer menegosiasikan kontrak parfum dengan Coco Chanel, seorang perancang busana visioner pada masanya. Visi Chanel berhasil menjadi brand mewah di industri fashion, dan tahun lalu Chanel mendapat revenue USD 11 miliar.

Kini, cucu Pierre menjadi bos di Chanel. Ia adalah Alain Wertheimer yang menjadi orang terkaya nomor 32 di dunia. Adiknya, Gerard, juga aktif di Chanel sebagai pemimpin divisi jam tangan.

3 dari 6 halaman

4. Keluarga Al Saud

Kekayaan: USD 100 miliar (Rp 1.418 triliun)

Kekayaan USD 100 miliar dari anggota kerajaan berasal dari perhitungan gaji yang diberikan oleh kantor eksekutif Raja Saudi: Royal Diwan. Sementara, kekayaan gabungan 15.000 sanak keluarga Al Saud kemungkinan lebih besar dari USD 100 miliar.

Aramco Saudi merupakan perusahaan paling menguntungkan di dunia. Kekayaan Pangeran Mohammed bin Salman sendiri adalah sebesar USD 1 miliar (Rp 14,1 triliun) dan ia terkenal hobi berinvestasi teknologi.

4 dari 6 halaman

3. Keluarga Koch

Kekayaan: USD 124,5 miliar (Rp 1.766 triliun)

Charles dan David Koch adalah kakak-beradik yang menembus peringkat 10 besar di daftar orang terkaya di dunia. Koch Industries yang mereka pimpin punya usaha di sektor investasi, kimia, energi, dan masih banyak lainnya.

Tahun lalu, David mundur dari jabatannya sebagai executive vice president di Koch Industries karena alasan kesehatan. Kakaknya, Charles, masih menjabat sebagai CEO.

5 dari 6 halaman

2. Keluarga Mars

Kekayaan: USD 126,5 miliar (Rp 1.794 triliun)

Pernah makan Snickers? Itu adalah satu dari produk Mars, Inc yang dimiliki keluarga Mars. Keturunan perusahaan ini, Jacqueline Mars, merupakan wanita terkaya nomor tiga di dunia pada saat ini.

Jacqueline adalah cucu dari Frank C. Mars yang mendirikan Mars. Ketika masih kecil, Frank diajari cara mengolah cokelat dari ibunya. Ia pun memulai karier sebagai pebisnis cokelat ketika usianya 19 tahun.

6 dari 6 halaman

1. Keluarga Walton

Kekayaan: USD 190,5 miliar (Rp 2.702 triliun)

Keluarga Walton adalah pemilik Walmart yang merupakan perusahaan ritel dengan revenue terbesar di dunia. Walmart memiliki 11 ribu toko di seluruh dunia dan mendapat penjualan USD 514 miliar (Rp 7.292 triliun) di 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.