Sukses

Prabowo Klaim Dana Desa Adalah Idenya

Program dana desa yang dilaksanakan dalam pemerintahan Jokowi diklaim merupakan ide Prabowo.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengklaim, program dana desa yang dilaksanakan dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo adalah idenya. Hal itu terungkap saat dirinya memberikan pernyataan penutup setelah Debat Pilpres 2019 yang kelima selesai.

"Dana desa itu adalah inisiatif saya dulu waktu saya jadi ketua HKTI. Itu sudah jadi hak rakyat, itu tidak perlu dipolitisasi lagi," ungkapnya di Hotel Sultan, Jakarta (13/4/2019).

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyatakan, Prabowo berjasa dalam inisiasi program dana desa. Dirinya menyatakan, Prabowo sudah menjanjikan dana desa sebesar Rp 1 miliar untuk satu desa sejak Pilpres 2014.

Sedangkan UU Desa sudah diteken Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2014 lalu.

Sebagai informasi, program dana desa dilaksanakan dalam pemerintahan Jokowi untuk melengkapi infrastruktur yang sudah dibangun, terutama di daerah pedesaan. Hingga saat ini, dana desa sudah dibagikan merata ke ribuan desa di Indonesia.

Dana desa yang disalurkan dimanfaatkan untuk subsidi pupuk, kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat desa. Kebijakan ini terbukti menunjukkan tren positif karena penyelewengan dana desa diklaim amat kecil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi: Dana Desa Rp 257 Triliun Sudah Mengalir ke 74.900 Desa

Calon presiden petahana Joko Widodo mengungkapkan pencapain program dana desa dalam mendukung pemerataan. Hingga kini, Jokowi berkata sudah Rp 257 triliun uang dialirkan ke desa.

Dana itu diinstruksikan Jokowi agar terus memutar perekonomian desa. Bahan seperti material dan pekerja pun harus berasa dari desa.

 "Kita telah mentransfer sampai 2019 ini Rp 257 triliun dana ke desa-desa, 74.900 desa yang ada dari Sabang sampai Merauke dari Miangas ke Pulau Rote," ucap Jokowi di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Sabtu (13/4/2019).

Dana desa tersebut dinilai Jokowi sebagai pelengkap infrastruktur yang pemerintahannya bangun. Nantinya, infrastruktur itu dapat memicu tumbuhnya titik ekonomi baru.

Selain dana desa, insentif lain yang Jokowi sebut adalah beragam subsidi yang mendukung pemerataan ekonomi. Di antara yang ia sebut adalah subsidi pupuk, kesehatan, dan pendidikan.

"Rakyat yang belum mampu kita injeksi agar anak-anaknya punya gizi yang baik, mereka bisa sekolah dan juga pembagian kartu Indonesia sehat, ketika sakit tak terbebani dana RS, serta Kartu Indonesia Pintar," ucap Jokowi.

3 dari 3 halaman

Penyelewengan Dana Desa Hanya 0,001 Persen

Kebijakan dana desa menunjukkan tren positif dari tahun ke tahun. Peningkatan ini tak hanya pada infrastruktur, melainkan manajemen finansial.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo pun menegaskan bahwa penyelewangan dana desa amat kecil.

Mendes Eko berkata pendekatan pemerintah dan kepolisian adalah pembinaan agar kepala desa dan perangkatnya bisa bekerja secara optimal. Dulu, dia menyebut penyelewengan dana desa akibat lemahnya pengawasan. 

"Kita lihat tahun lalu di bawah 100 kasus. Itu pun juga yang kita bawa ke ranah hukum cuma 67. Dibanding jumlah desa 74.957 desa, jadi cuma 0,001 persen," ucap Mendes Eko dalam wawancara khusus bersama Liputan6.com di Kantor Kemendes, seperti ditulis Selasa, 2 April 2019.

"Tapi Alhamdulillah dengan partisipasi masyarakat, dukungan dari kepolisian, kejaksaan, dan terutama media, kesempatan melakukan itu sangat berkurang," lanjutnya. Kementeriannya pun mengawasi agar penyelewengan dana desa tak menyentuh 1 persen.

Tolok ukur keberhasilan pengelolaan dana desa adalah penyerapan hingga 99,6 persen. Menurut Mendes, jumlah instansi dan lembaga di Indonesia yang memiliki penyerapan sebesar itu bisa dihitung dengan jari.

Kini, Mendes mengapresiasi besarnya sorotan media ke dana desa, baik itu sisi baik maupun yang buruk. Dengan itulah masyarakat semakin terdorong untuk mengawasi.

"Saya berterima kasih kepada media yang terus menerus mensosialisasikan, bukan hanya baiknya saja, tetapi buruknya juga, sehingga masyarakat jadi aware. Karena masyarakat tahu, masyarakat berpartisipasi, masyarakat ikut mengawasi. Jadi sekarang saya jamin dengan kita libatkan kepolisian, kejaksaan, yang tugasnya membantu, bukan mencari kesalahan kepala desa," tegas Mendes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini