Sukses

Dukung Petani, Ribuan Jus Buah Gratis Dibagikan di CFD Jakarta

Repnas DKI Jakarta mengkampanyekan konsumsi buah lokal dengan membagikan jus buah naga dan buah apel gratis di acara Car Free Day (CFD), Jakarta, Minggu (24/2/2019).

Liputan6.com, Jakarta - Relawan Pengusaha Muda Nasional (REPNAS) DKI Jakarta mengkampanyekan konsumsi buah lokal dengan cara berbagi jus buah naga dan buah apel gratis di acara Car Free Day (CFD), Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (24/2/2019).

Direktur Digital Repnas DKI Jakarta, Ardy Notowidigdo menyebutkan kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mendukung petani buah lokal agar harga jualnya tidak jatuh di pasaran saat sedang musim panen.

"Kita mau mendukung petani lokal Indonesia dan ini benar-benar buah lokal asli jadi kita juga campaign-nya bahwa buah lokal itu nomor satu, juga memang tidak kalah dengan buah impor. Dan ini bukti nyata bahwa kita membantu supprot petani - petani Indonesia," kata dia saat ditemui di lokasi.

Dalam acara kali ini buah naga dan buah apel terpilih sebagai komoditas yang dibagikan sebab kedua jenis buah tersebut tengah memasuki panen raya nasional.

Ardy mengungkapkan, buah naga yang dibagikan berasal dari Banyuwangi yang dibeli langsung dari petani. Sementara buah apel dibeli dari petani buah di Pasuruan. Buah yang dibagikan adalah kualitas terbaik grade A.

"Apel ini ada 160 dus, yang buah naga ada 50 krat (peti). Buah naga tuh kan lagi panen nasional di Banyuwangi juga kebetulan lagi panen besar. Apel pasuruan karena apel kebetulan banget ini baru panen beberapa hari yang lalu langsung dibawa kesini," ujarnya.

Ada sekitar 6 ton yang terdiri dari 36.000 biji buah apel yang dibagikan gratis hari ini. Sementara buah naga yang dibagikan sekitar 5.000 buah dan menjadi 4.000 gelas jus.

Dalam proses pembagiannya, ada sekitar 102 orang perwakilan dari UKM dan penjual buah di Ibu Kota yang juga ikut berpartisipasi.

"Blendernya kita kerjasama dengan UKM UKM dengan para penjual penjual buah yang ada di DKI. Jadi mereka kita ajak bareng - bareng kesini untuk kerjasama," ujarnya.

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan masyarakat menjadi lebih gemar mengkonsumsi buah lokal dibanding buah impor.

"Kita campaign untuk petani lokal kita buktikan komitmen kita untuk mendukung buah lokal tuh tidak kalah dengan buah impor. Kita ingin buah lokal ini menjadi nomor satu bisa bersaing di pasar Indonesia."

Reporter: Yayu Agustini Rahayu Achmud

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.