Sukses

Mau Keuangan Keluarga Aman di Masa Depan? Begini Caranya!

Mengatur keuang bersama pasangan tentu tidaklah mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Masalah keuangan merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi di dalam pernikahan, entah itu bagi pasangan yang baru menikah atau tidak. Namun sebenarnya begitu banyak cara untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Apakah Anda termasuk yang memiliki permasalahan yang sama? Mau tahu bagaimana cara mengatur keuangan masa depan Anda dan pasangan agar selau aman? Berikut merupakan tips-tipsnya:

1. Daftarkanlah Asuransi bagi Anda dan Pasangan

Anda dan pasangan harus memiliki asuransi jiwa, dan pastikan jika pasangan Anda sebagai penerima. Ada banyak jenis asuransi jiwa yang tersedia, jadi pastikan untuk meluangkan waktu untuk mencari tau terlebih dahulu pilihan Anda. Perhitungkanlah dengan teliti keunggulan dan kekurangan setiap asuransi yang ada.

Melakukan ini untuk satu sama lain adalah salah satu cara terbaik untuk menunjukkan cinta karena sama saja dengan memastikan Anda dan pasangan dijaga dan jika suatu hari nanti diantara kalian sakit, maka untuk biaya pengobatannya sudah aman terkendali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Buatlah Skala Prioritas Kebutuhan

Jika saat ini keuangan Anda sedang membaik, maka janganlah memikirkan untuk boros bersama pasangan Anda. Buatlah skala prioritas kebutuhan saat ini, dan segeralah penuhi hal tersebut.

Ini akan membantu keungan Anda kedepannya karena tidak perlu lagi mengeluarkan untuk hal ini. Misal, skala prioritas Anda dan pasangan saat ini yaitu memiliki rumah dan jika saat ini uang Anda cukup untuk membelinya maka belilah hal tersebut terlebih dahulu.

3. Sederhanakanlah Gaya Hidup Anda

Gaya hidup yang sederhana dan tidak berlebihan akan mengantarkan ke gerbang kebahagiaan bersama. Karena dengan hidup sederhana Anda dan pasangan dapat menghemat begitu banyak uang yang Anda miliki.

Tentunya ini dapat membuat Anda menabung dan akhirnya keuangan di masa depan akan begitu aman karena adanya tabungan ini. Mulailah mengurangi anggaran pengeluaran yang tidak terlalu penting. Hal ini akan semakin membantu Anda untuk menabung.

 

3 dari 3 halaman

4. Lunasilah Semua Utang

Jika Anda dan pasangan menginginkan keuangan masa depan yang aman dan terkendali, untuk itu mulailah lunasi semua hutang yang dimiliki. Jangan menunda-nunda untuk melunasinya semakin lama utang tersebut dilunasi maka semakin lama pula keuangan Anda dan pasangan terbengkalai.

Selain itu, jika Anda ingin mengambil cicilan biaya atau utang dengan bunga maka bijaksanalah dan berusahalah untuk melunasinya secepat mungkin.

5. Buatlah Keputusan Keuangan yang Bijaksana

Jika Anda ingin keuangan Anda dan pasangan terjaga dan aman maka buatlah keputusan keuangan yang bijaksana pula. Jangan takutlah untuk mengatakan tidak jika pasangan Anda sedang ingin membeli sesuatu yang tidak terlalu penting, tegurlah pasangan Anda jika sudah mulai boros.

Untuk memiliki keuangan yang aman dan terkendali sebenarnya kuncinya terdapat pada diri Anda sendiri. Semakin Anda tegas dalam mendisiplinnkan diri, maka semakin berjalan dengan lancar pula keuangan Anda nantinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini