Sukses

Survei: Mayoritas Karyawan Ingin Naik Gaji di Atas 10 Persen pada 2019

Permintaan akan karyawan dwibahasa juga semakin meningkat seiring dengan berlanjutnya ekspansi bisnis pada 2019

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan spesialis rekrutment profesional global Robert Walters telah merilis hasil survei tentang gaji 2019. Dari laporan ini disebutkan, pada tahun depan, karyawan di industri teknologi mengharapkan kenaikan gaji hingga 50 persen, yakni 20 persen lebih tinggi dari tahun 2018.

Survei gaji 2019 Robert Walters memprediksi, permintaan kandidat kerja yang cerdas teknologi dan dwibahasa akan semakin tinggi seiring bisnis dan perkembangan teknologi yang terus berkembang pesat.

Managing Director Robert Walters untuk Asia Tenggara Toby Fowlston mengatakan, Asia Tenggara adalah pemain utama di era digital. Hal ini akan berdampak pada bakat dengan pengalaman industri yang mencakup peran luas di seluruh pasar kerja, penggerak regional besar pada 2019.

"Oleh sebab itu terdapat kebutuhan permintaan yang tinggi untuk kandidat yang terampil di sektor IT, khususnya di bidang pertumbuhan, serta kandidat dengan pengetahuan teknologi dan kemampuan e-commerce yang dapat diterapkan ke banyak disiplin ilmu," ucapnya di Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Sedangkan untuk prediksi di tahun 2019, Robert Walters memperkirakan, kondisi ekonomi positif di Indonesia mendorong aktivitas perekrutan aktif pada tahun depan. Permintaan akan kandidat dwibahasa juga semakin meningkat seiring dengan berlanjutnya ekspansi bisnis pada 2019.

Hal ini tak lain disebabkan oleh ekosistem start-up dan e-commerce berkembang pesat dan perusahaan mulai berinvestasi dalam digitalisasi, yakni kandidat yang menguasai teknologi dan dwibahasa.

Karyawan dengan pengalaman internasional dinilai memiliki peluang untuk memperoleh gaji lebih tinggi ketika berpindah kerja. Dalam survei gaji Robert Walters, 68 persen pegawai profesional yang disurvei mengharapkan kenaikan gaji lebih dari 10 persen pada tahun 2019.

Selain itu, kenaikan gaji rata-rata 20-25 persen untuk pekerjaan dengan keterampilan digital dan teknologi pada tahun 2019. Setidaknya 20 persen gaji naik diharapkan di bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi Informasi, dan Penjualan & Pemasaran.

"Jadi kami telah mengamati kejadian di mana perusahaan menghabiskan banyak waktu wawancara untuk mengisi posisi yang baru dibuat, yang menyebabkan hilangnya kandidat yang baik," ujar Country Manager Robert Walters untuk Indonesia Eric Mary.

"Karenanya, manajer perekrutan perlu lebih tegas mempertahankan minat calon kandidat yang kuat, terutama ketika merekrut untuk peran khusus," ia menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini