Sukses

Dolar AS Menguat, Harga Emas Merosot

Harga emas berjangka melemah pada perdagangan singkat Jumat pekan ini.

Liputan6.com, New York - Harga emas berjangka melemah pada perdagangan singkat Jumat pekan ini. Harga emas turun dari level tertinggi dalam dua minggu sebelum perayaan Thanksgiving.

Pelaku pasar tetap fokus pada rencana kebijakan moneter bank sentral Amerika Serikat (AS) atau the Federal Reserve selama beberapa bulan mendatang. Selain itu juga respons terhadap pergerakan dolar AS dan perkembangan pembicaraan perang dagang antara AS dan China.

Volatilitas bursa saham akibat perang dagang juga menjadi sentimen terhadap pergerakan harga emas sebagai safe haven. Harga emas untuk pengiriman Desember turun USD 4,8 atau 0,4 persen ke posisi USD 1.223,20 per ounce.Selama sepekan, harga emas naik 0,1 persen.

"Pergerakan harga emas menarik dalam hadapi perang dagang yang membayangi dan kemungkinan perubahan kebijakan the Fed yang akan dorong dolar AS melemah lebih signifikan," tutur Stephen Innes, Head of Asia Pacifik Oanda, seperti dikutip dari laman Marketwatch, Sabtu (24/11/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

The Federal Reserve akan diharapkan menaikkan suku bunga acuan sekali lagi pada Desember 2018. Rencana kenaikan suku bunga itu merupakan keempat kali sepanjang tahun berjalan.

Namun, investor juga khawatir berapa banyak kenaikan suku bunga bank sentral pada 2019 tanpa memicu resesi domestik. Ini di tengah munculnya tanda-tanda pelemahan ekonomi global. The Federal Reserve akan menaikkan suku bunga tiga kali lagi pada 2019.

Adapun bagian dari ketidakpastian ekonomi bertumbuh seiring perang dagang. China menolak tuduhan baru AS soal praktik perdagangan yang tidak adil. Selain itu, China meminta AS berhenti membuat provokasi karena kedua pihak juga akan bertemu pada KTT G20 pekan depan.

Harga emas turun didorong indeks dolar AS naik 0,4 persen. Selama sepekan, indeks dolar AS menguat hampir 0,5 persen pada pekan ini sedangkan selama sebulan naik 0,9 persen. Harga emas bergerak berbalik terhadap dolar AS. Dolar AS yang lebih kuat dapat membuat emas kurang menarik bagi pengguna mata uang lainnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

  • Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: 'aurum') dan nomor atom 79.

    emas