Sukses

Kementerian BUMN Pastikan Tak Ada Lagi Gonta-Ganti Bos Pertamina

Dalam dua tahun terakhir posisi orang nomor satu di Pertamina ini sudah ganti sebanyak dua kali, yaitu Dwi Soetjipto dan Elia Massa Manik.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian BUMN memastikan tidak akan ada gonta ganti Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Maklum, dalam dua tahun terakhir posisi orang nomor satu di Pertamina ini sudah ganti sebanyak dua kali, yaitu Dwi Soetjipto dan Elia Massa Manik.

Padahal, sesuai dengan peraturannya, Direktur di perusahaan BUMN memiliki masa jabatan 5 tahun dan bisa diangkat maksimal dua periode.

"Diharapkan tidak ada perubahan Dirut Pertamina. Makanya pemilihan Bu Nicke imi panjang, 4 bulan, agar tidak ada perubahan lagi," kata Deputi Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno di Kementerian BUMN, Rabu (29/8/2018)

.Harry juga menegaskan, keputusan Nicke menjadi Dirut Pertamina tidak ada intervensi berbagai pihak."Saya tegaskan kalau penetapan Dirut Pertamina ini tidak ada kepentingan politik sama sekali," tambahnya.

Menurutnya, pemilihan Nicke sudah sesuai prosedur yang berlaku. Di mana Nicke adalah salah satu nama yang diajukan ke Presiden Jokowi dari 3 nama. Sementara itu di kesempatan yang sama, Nicke mengaku dirinya juga tak memiliki kepentingan politik apapun dalam menduduki kursi nomor 1 di Pertamina.

"Saya tidak berpolitik. Saya akan melakukan yang terbaik untuk Pertamina," tegasnya.

Secara prinsip, Nicke mengaku fungsi Pertamina adalah untuk menjaga dan menjamin ketrsediaan energi nasional dengan harga yang terjangkau. Alhasil pihaknya akan fokus dalam peningkatan kapasitas produksi dan kilang yang dimiliki serta mebangun jaringan infrastruktur.

"Jadi semua bisa terjangkau oleh masyarakat. Saya sudah putuskan mengabdi di BUMN, jadi saya terima amanah ini dan saya akan jalankan sebaik-baiknya," pungkas Nicke.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nicke Diharapkan Bisa Bawa Pertamina Jadi Perusahaan Kelas Dunia

Terpilihnya Nicke Widyawati sebagai Direktur Utama PT Pertamina diharapkan bisa membenahi dan mereformasi Pertamina. Terutama terkit dengan penugasan luar biasa yang diberikan pemerintah kepada Pertamina untuk mengelola Mahakam, Blok Rokan, dan 8 (delapan) wilayah kerja lainnya.

Ini diungkapkan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung yang mengaku jika proses penetapan Pelaksana Tugas (Plt) Dirut PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menjadi Direktur Utama (Dirut) definitif melalui proses yang agak panjang.

“Prosesnya kurang lebih 2 bulan, diajukan tiga nama, dan akhirnya presiden memutuskan untuk memberikan kehormatan, kepercayaan kepada Ibu Nicke sebagai Dirut Pertamina,” kata Seskab seperti mengutip laman Sekretariat Kabinet, Jakarta, Rabu (29/8/2018).

Dia mengakui jika tugas yang akan diemban Nicke sangat berat. Namun diharapkan kepercayaan itu bisa ditangani secara baik.

Mengenai alasan penetapan Nicke sebagai dirut definitif Pertamina, Seskab Pramono Anung mengemukakan, yang pertama adalah Pertamina memerlukan sebuah tim yang solid dan juga orang yang bisa berbenah di internal Pertamina.

Ia mengingatkan Pertamina ini sebuah perusahaan yang sangat besar, kalau diibaratkan kapal adalah sebuah kapal yang sangat besar, yang selama ini mendapatkan privilege dari pemerintah karena memang 100 persen sahamnya milik pemerintah.

Namun dengan perkembangan dunia usaha, menurut Seskab, tidak bisa lagi Pertamina tidak melakukan inovasi, baik itu eksplorasi, eksploitasi, kemudian juga pemasaran, dan juga harus bertarung di dunia internasional.

“Enggak bisa hanya menggantungkan diri kepada lapangan-lapangan yang ada di dalam negeri atau di Indonesia,” ucap Seskab.

Maka dengan demikian, lanjut Seskab, harapannya Pertamina bisa menjadi sebuah perusahaan perminyakan, gas dan perminyakan yang world class. “Dan itulah yang menjadi harapan pemerintah dalam hal ini,” tegasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, melalui Surat Keputusan dengan Nomor SK 232/MBU/08/2018 Tanggal 29 Agustus 2018, Menteri BUMN Rini Soemano telah menetapkan Nicke Widyawati sebagai Dirut PT Pertamina (Persero).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.