Sukses

Kata Menteri BUMN Soal Nama Dirut Pertamina yang Tak Kunjung Diumumkan

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengumumkan nama Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Padahal, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menyodorkan nama-nama calon yang akan menjadi orang nomor satu di perusahaan minyak dan gas bumi (migas).

"Aduh tenang aja udah tenang aja bentar lagi," kata Menteri BUMN Rini Soemarno saat ditemui di Kemenko Perekonomian Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Rini tidak menjelaskan secara rinci kapan waktu pengumumkan Dirut Pertamina Tersebut. Terlebih saat ditanyakan, dirinya hanya melempar senyum sembari tertawa kecil kepada awak media.

Menteri BUMN selaku pemegang saham Pertamina mengganti jajaran direksi Pertamina pada 20 April lalu. Elia Massa Manik diberhentikan secara hormat sebagai Direktur Utama Pertamina.

Sementara itu, Nicke Widyawati didapuk menjadi Plt Dirut Pertamina sekaligus Direktur SDM Pertamina.

Sebelumnya, Menteri BUMN, Rini Soemarno telah mengusulkan beberapa nama kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) selaku Ketua Tim Penilai Akhir (TPA) mengenai calon Dirut Pertamina definitif.

"Tunggu Presiden, semua sudah dilaporkan Bu Menteri. Jadi hari ini ga ada apa-apa," ujar Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno di Kementerian BUM.

Menurut Harry, sosok Dirut Pertamina harus memiliki integritas yang tinggi dan mempunyai banyak pertimbangan dalam setiap pengambilan kebijakan. Pertamina, saat ini bertanggung jawab pada dua regulator yaitu Kementerian BUMN dan Kementerian ESDM.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

2 dari 3 halaman

Sodorkan 3 Nama Calon Dirut Pertamina ke Jokowi

Sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menyodorkan nama-nama calon Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Saat ini posisi Dirut Pertamina dijabat Pelaksana Tugas Nicke Widyawati.

Deputi Bidang Pertambangan Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Harry Fajar Sampurno mengatakan, Menteri BUMN Rini Soemarno telah menyerahkan tiga nama calon Direktur Utama Pertamina ke Presiden Jokowi.

"Sudah, tanya Bu Rini, ada tiga nama‎," kata Harry, di Jakarta, Jumat (13/7/2018).

Sayangnya, Harry belum mau mengungkapkan siapa saja tiga nama yang diajukan sebagai calon orang nomor satu di ‎Pertamina tersebut. Dia justru meminta untuk menanyakan langsung ke Rini Soemarno.

Saat dikonfirmasi terkait kabar Amien Sunaryadi yang akan dipilih, dia mengaku belum mendapat informasi.

Untuk diketahui, Amien Sunaryadi saat ini menjabat sebagai Kepala Satuan Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). "Tanya Bu Rini, belum dapat infonya‎," ucapnya.

Harry mengaku belum mendapat informasi perkembangan calon Direktur Utama Pertamina yang dipilih. Setelah tiga nama disodorkan, keputusan diserahkan Presiden Jokowi.

‎"Belum ada infonya, belum ada, tergantung Presiden," katanya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Spesifikasi Kilang Sesuai, Pertamina Siap Borong Minyak Produksi Kontraktor
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Tengah Kaji Daerah Penerima Program Perhutanan Sosial