Sukses

Bangun Tol Layang Patimban, Jepang Beri Pinjaman Rp 1,2 Triliun

Pemerintah akan membangun jalan tol layang menuju Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapat suntikan dana dari Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk membangun jalan tol layang menuju Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Jalan tol layang sepanjang 8,2 km ini merupakan tahap II proyek pembangunan jalan akses dari jalur Pantai Utara Jawa (Pantura) menuju Pelabuhan Patimban.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiartanto mengatakan, pihaknya sudah menerima dana senilai Rp 1,2 triliun dari pihak JICA untuk menggarap proyek tersebut.

"JICA Loan Ini hampir 1,2 triliun, melalui kementerian perhubungan. Kita hanya melakukan fisiknya saja. Nanti setelah selesai pengelolaannya diserahkan ke (Kementerian) Perhubungan," ungkap dia di Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Proyek Jalan Tol Layang Pelabuhan Patimban ini dikerjakan oleh tiga kontraktor, yakni Shimizu Corporation, PT PP (Persero) Tbk dan PT Bangun Cipta Kontraktor lewat skema joint venture.

Saat ini, Sugiartanto menyebutkan, proses pembebasan lahan sudah mencapai 98 persen sehingga percepatan pembangunan bisa dilaksanakan.Dia menargetkan, proyek ini dapat rampung pada tahun depan.

"Target selesai 2019, atau mungkin bisa maju dua-tiga bulan lebih awal," tandasnya.

 
* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.