Sukses

Orang Punya Karakter Ini Ternyata Punya Bakat Luar Biasa

Meski kurang jago sosialiasi, orang canggung cenderung menjadi spesialisasi di suatu bidang.

Liputan6.com, Jakarta - Umumnya, perusahaan selalu menuntut calon pegawai untuk memiliki kemampuan sosial yang tinggi. Ternyata, orang yang memiliki kemampuan sosial rendah justru berpotensi lebih berbakat dalam bidang yang didalaminya.

Ada penemuan di psikologi orang-orang yang canggung awkward secara sosial lebih mungkin memiliki apa yang para psikolog sebut sebagai striking talent (bakat luar biasa). Meskipun malah kurang jago bersosialisasi.

"Artinya bahwa mereka mempunyai kemampuan besar di sebuah area spesifik," ungkap psikolog Ty Tashiro, seperti dilaporkan Business Insider, seperti ditulis Minggu (12/8/2018).

"Jadi, ini bukan berarti mereka pintar di segalanya. Biasanya orang-orang itu benar-benar pintar di satu atau dua bidang," tambah dia.

Tashiro menyebutkan, orang-orang awkward bisa saja memiliki kemampuan rata-rata atau di bawah rata-rata di bidang lain, sebab  terfokus pada satu dan dua bidang. Itu juga yang menyebabkan orang-orang canggung yang pintar cenderung kurang piawai dalam berkomunikasi.

"Terkadang itu bisa menyulitkan mereka. Kadang mereka terlalu kaku atau terkadang tak suka bila rutinitasnya diganggu. Tapi itu juga bisa menjadi kekuatan sejati, karena dengan fokus dan energi besar membuat mereka lebih bertahan melewati saat-saat sulit," ujar Tashiro.

Karena orang sulit berkomunikasi memiliki obsesi yang kuat pada bidang yang membuat tertarik. Orang itu pun bisa fokus dalam waktu lama serta lebih persisten.

Alhasil, Tashiro menyebut orang-orang canggung itu bisa mencapai penguasaan kemampuan yang lebih tinggi di sebuah bidang atau topik, ketimbang  yang gampang bosan atau menyerah. Menurut Tashiro, antusiasme dan fokus tersebut bisa membawa inovasi besar atau perubahan di suatu bidang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berjiwa Introvert? Simak Tips Wawancara Kerja Berikut Ini

Bagi sebagian orang interview atau wawancara kerja adalah saat yang menegangkan, terutama bagi seseorang dengan kepribadian introvert.

Introvert adalah sebutan bagi seseorang yang suka menyendiri dan juga pemalu. Rasa gugup akan muncul begitu saja jika seorang introvert berhadapan dengan beberapa orang, bahkan hanya pada saat berjabat tangan.

Rasa gugup dan sifat pemalu harus segera diatasi apalagi pada ketika Anda harus menghadapi wawancara kerja. Melansir dari awesomenesstv.com berikut ini adalah 5 tips wawancara bagi seorang introvert.

Ketahui Kekuatan Anda

Terkadang introvert memiliki waktu yang sulit mengidentifikasi kekuatan mereka. Setiap orang tentu memiliki keahlian khusus yang pasti diperlukan di dunia kerja. Mulailah membuat daftar apa saja kekuatan atau kelebihan dalam diri Anda, dan kemudian minta pendapat dari teman ataupun keluarga.

Berlatih

Kita semua tahu sebuah latihan membuat sesuatu menjadi sempurna. Siapkan jawaban Anda untuk pertanyaan yang sering diajukan pada saat wawancara. kemudian berlatih menjawab pertanyaan tersebut di depan teman atau keluarga dengan yakin dan percaya diri.

Siapkan Perbincangan Kecil

Perbincangan kecil di luar pertanyaan wawancara dapat membantu mencairkan suasana, dan juga memberi kesempatan kepada pewawancara untuk mengenal Anda lebih baik.

3 dari 3 halaman

Berikan Waktu pada Diri Sendiri

Berikan Waktu

pada Diri AndaBerikan sedikit waktu sekitar 30 menit untuk diri sendiri sebelum wawancara, hal tersebut bertujuan untuk membuat diri sendiri lebih santai, dan tenang.

Bawa Catatan

Ingat, ini bukan ujian. Anda dapat membawa catatan atau portofolio untuk mengatasi ketika Anda gugup dan lidah tiba-tiba menjadi kelu saat wawancara kerja berlangsung. Bawalah resume lain dan beberapa berkas prestasi Anda, sehingga Anda memiliki sesuatu untuk ditawarkan kepada pewawancara.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.