Sukses

Tips Jadi Konsumen Cerdas saat Musim Belanja

Sebagai konsumen, Anda harus cerdas memilih penawaran diskon agar tidak salah mengeluarkan uang.

Liputan6.com, Jakarta - Usai Lebaran, pusat perbelanjaan biasanya masih memberikan promo dan penawaran diskon yang menarik. Banyak alasan yang mendasarinya salah satunya adalah menghabiskan stok. Maka tak heran jika tawaran diskon yang diberikan bisa mencapai 75 persen. 

Tentu saja, mendapat menawaran tersebut cukup menggiurkan. Namun sebagai konsumen, Anda harus cerdas memilih penawaran diskon tersebut. 

Simak beberapa tips dari Mastercard berikut agar Anda dapat menjadi pembeli cerdas saat berbelanja:

Tentukan anggaran, barang dan toko tujuan sebelum Anda pergi berbelanja

Selain lebih mudah dan efektif, hal ini akan sangat berguna untuk membantu Anda tetap pada rencana awal. Lihatlah catatan transaksi Anda sebelumnya dan buat rencana belanja dengan baik.

Proaktif

Diskon dan penawaran menarik selalu ada. Oleh karena itu, lakukan riset secara online untuk menemukan diskon dan penawaran terbaik saat ini maupun yang akan datang kemudian susun jadwal belanja Anda. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan penawaran terbaik untuk produk yang ingin Anda dapatkan.

Toko online sering memberikan diskon dan penawaran menarik lebih awal dari toko offline, sehingga Anda dapat membeli barang dengan harga lebih murah tanpa harus keluar rumah.

Akan tetapi, sebelum berbelanja secara online, pastikan Anda menggunakan jaringan koneksi internet yang aman. Temukan ikon berbentuk gembok yang terletak di sebelah kanan alamat situs web pada browser Anda. Ikon ini melambangkan bahwa browser Anda aman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Keamanan Kartu

Apabila Anda menemukan penawaran menarik saat berada di luar rumah atau dalam perjalanan? Pastikan Anda terhubung dengan jaringan Wifi pribadi ketika melakukan pembayaran, baik melalui ponsel ataupun laptop.

Hal ini dapat membantu memastikan detail kartu Anda tetap aman dan terjaga.

Tetap waspada setiap saat

Pembeli yang cerdas tidak hanya tahu bagaimana cara meminimalisir penipuan, tetapi juga mengetahui bagaimana cara menanggulangi hal tersebut jika terjadi.

Perhatikan saran atau informasi keamanan terbaru dan pastikan kontak bank Anda selalu dalam genggaman, sehingga Anda dapat langsung menghubungi bank tersebut jika menghadapi sebuah masalah.

Dengan demikian, Anda dapat berbelanja dengan aman dan nyaman.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.