Sukses

Telan Rp 607 Miliar, Ini Rincian Ongkos Royal Wedding Harry-Meghan

Liputan6.com, London - Menjadi sorotan masyarakat di hampir seluruh pelosok dunia, pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle tentu tidak menelan biaya sedikit. Bayangkan saja, total biaya royal wedding tersebut ditaksir mencapai USD 42,8 Juta atau Rp 607,8 miliar (USD 1 = Rp 14.201).

Uniknya, menurut situs pernikahan Bridebook Inggris, biaya keamanan pernikahan Pangeran Harrry menelan biaya hingga USD 40,1 juta atau setara 94 persen dari total biaya yang dikeluarkan. Itu termasuk penembak jitu, polisi yang menyamar dan sistem pengamanan khusus.

Melansir laman CNBC, Senin (21/5/2018), itu artinya hanya enam persen dari total biaya yang benar-benar digunakan untuk keperluan pernikahan langsung. Sementara sebagian besar biaya habis untuk mendanai keamanan selama prosesi berlangsung.

Menurut perancang pernikahan mewah Aimee Dunne, pengeluaran untuk makanan, minuman, gaun dan bunga hanya akan menelan biaya sekitar USD 2,7 juta. Itu saja sudah 73 kali lipat lebih besar dibandingkan biaya pernikahan rata-rata di Inggris.

Keluarga kerajaan sebelumnya mengumumkan akan membayar seluruh komponen inti pernikahan termasuk layanan gereja, musik, bunga, dekorasi dan resepsi. Sementara seluruh biaya keamanan yang begitu dominan diprediksi sebagian besar akan dibayar oleh bea pajak.

Markle ternyata ikut berkontribusi secara finansial dalam pagelaran pernikahan yang menjadi sorotan dunia tersebut. Markle dilaporkan membayar enam gaun pengantinnya sendiri.

Artikel Selanjutnya
Pangeran Harry dan William Punya Selera Sama Pilih Istri
Artikel Selanjutnya
Sebelum Jadi Istri Pangeran Harry, Meghan Markle Cuma Pakai Mobil Sewaan