Sukses

Harga Ikan Laut Masih Tinggi di Pasar Kebayoran Lama

Pedagang mengeluhkan harga ikan laut tinggi lantaran ada perubahan kepemilikan dari pihak distributor.

Liputan6.com, Jakarta - Harga ikan laut di Pasar Kebayoran Lama melonjak. Pedagang menuturkan, harga komoditas antara lain udang, cumi laut, ikan kembung, sampai ikan tuna masih tetap tinggi.

Hamzah (40) bercerita, harga udang sudah naik sejak sekitar satu tahun lalu, dan sampai saat ini masih belum berubah.

"Ya, udang saya jual Rp 60 ribu per kg, dulu paling Rp 50 ribu saja per kg. Sudah setahun lebih mungkin kayak begini," tutur dia.

Sementara itu, cumi laut yang ia perdagangkan juga naik harganya Rp 15 ribu. Sekarang, dia menjual cumi laut berkualitas bagus pada kisaran Rp 70 ribu per kg.

Begitu juga dengan ikan kembung banjar dan ikan tuna di lapak dagangannya. Ikan kembung banjar naik dari Rp 25 ribu jadi Rp 35 ribu, sedangkan ikan tuna melonjak dari Rp 35 ribu jadi Rp 60 ribu.

Dia mengeluhkan, tingginya harga ikan telah terjadi sejak ada perubahan kepemilikan dari pihak penyetor, dari perseorangan menjadi perseroan.

"Yang kelola beda, kalau dulu per orangan sekarang PT (perseroan). Saya enggak tahu kenapa harga naik, sudah dari sananya. Banyak pembeli yang protes gara-gara harga yang belum turun ini," ujar Hamzah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Cabai Turun

Sebelumnya, harga pangan dan bahan dapur pada awal April ini di pasar tradisional terpantau bervariasi. Seperti harga cabai yang relatif turun, serta harga bawang yang justru menanjak.

Ari (30 tahun), salah seorang pedagang sayuran di Pasar Kebayoran Lama, mengatakan harga beragam cabai, semisal cabai rawit merah dan cabai merah keriting terus turun.

"Cabai merah keriting dan cabai rawit merah sama-sama turun. Keduanya tadinya bisa Rp 60 ribuan atau Rp 50 ribuan per kg, sekarang jadi Rp 45 ribu per kg," ujar dia kepada Liputan6.com di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Senin, 2 April 2018.

Dia mengungkapkan, penurunan harga cabai sudah terjadi sejak sekitar 10 hari. Penyebabnya, ia mengatakan, pasokan dari pihak penyetor sedang banyak.

Begitu juga dengan cabai rawit hijau, yang kini secara harga ikut terpotong. Ari menuturkan, jika sebelumnya ia menjual cabai rawit hijau senilai Rp 45 ribu, sekarang turun jadi Rp 40 ribu.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.