Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Stres karena Pekerjaan? Coba Tips Jitu Ini untuk Menguranginya

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi bagian dari sebuah tim yang hebat merupakan sebuah pencapaian yang membuat kita merasa senang, apalagi kalau terpilih menjadi ketua dalam sebuah tim. Tingkat kesenangan yang dirasakan pun akan lebih dahsyat dibandingkan sebelumnya.

Namun, rasa senang tidak selamanya menyelimuti diri. Proyek kerja yang besar, menuntut sebuah tim harus memberikan kontribusi maksimal agar hasil kerja yang digapai juga maksimal. Hal ini tentu tidak mudah untuk dilakukan. Tantangan demi tantangan yang datang tak jarang membuat sebuah tim stres sehingga hasil kerjanya sangat buruk.

Agar stres berkurang, pakai tips dari Cermati.com berikut ini untuk menguranginya.

1. Menyusun Perencanaan

Dalam sebuah pekerjaan, hal-hal yang kurang menyenangkan selalu datang tanpa diundang. Apabila sebuah tim tidak mampu menyikapi hal ini, proses pengerjaan proyek besar tadi akan terhambat atau bahkan tidak selesai.

Dengan perencanaan yang matang, Anda dan tim dapat menyikapi hal-hal yang kurang menyenangkan dengan bijak. Hambatan atau masalah yang terjadi akan disikapi dengan kepala dingin tanpa dibayang-bayangi rasa stres. (Baca Juga: Sepatu dan Kepribadian, yang Manakah Kamu?)

2 dari 8 halaman

2. Koordinasikan Bersama Tim

Karena kerjanya bersama tim, proses penyusunan rencana kerja juga harus dilakukan bersama tim. Ide-ide yang muncul sebaiknya didiskusikan bersama-sama sebelum memutuskan satu ide yang pasti digunakan saat proses pengerjaan proyek.

Agar koordinasi terjalin dengan baik, setiap orang harus mampu mengendalikan sikap individualistis masing-masing. Perbanyak mendengar dan hindari untuk memotong pembicaraan sebelum mereka selesai berbicara.

3 dari 8 halaman

3. Pikir-Pikir Dulu Sebelum Membuat Keputusan

Keputusan yang ditetapkan saat ini akan berdampak besar dalam proses dan hasil kerja suatu proyek. Sebelum menetapkan satu keputusan, pikir-pikir terlebih dahulu, apakah keputusan tersebut merupakan keputusan terbaik atau tidak.

Pengambilan keputusan diharapkan tidak fokus hanya pada satu titik aspek saja, tetapi ke semua aspek yang ada hubungannya dengan proyek kerja.

4 dari 8 halaman

4. Selingi dengan Lelucon

Riset membuktikan orang-orang yang terlalu serius bekerja akan lebih mudah dilanda stres dibandingkan orang yang bekerja dengan santai. Tidak dapat dimungkiri, menyelesaikan tugas dengan serius itu merupakan suatu keharusan untuk menghindari kesalahan-kesalahan kecil. Namun, ada baiknya jika bekerja diselingi dengan sedikit lelucon agar saraf-saraf otak tidak terlalu kaku.

Di sela-sela jam istirahat, putar video-video lucu untuk memancing tawa anggota tim yang lain. Tertawalah sepuasnya sebelum proyek kerja kembali membuat otak Anda mengerumit.

5 dari 8 halaman

5. Banyak Istirahat

Menyelesaikan proyek yang begitu rumit membutuhkan tenaga yang cukup besar. Untuk mengembalikan tenaga yang hilang, Anda perlu beristirahat. Istirahat yang dimaksud tidak melulu hanya tidur, tapi bisa juga dengan mengasingkan diri dari pekerjaan selama beberapa menit, lalu kembali lagi untuk melanjutkan kerja.

Sistem kerja otak tidak boleh terlalu dipaksakan. Apabila pekerjaan tetap dilanjutkan saat otot saraf sudah mulai tegang, yang ada otot saraf bisa bermasalah nantinya. Kalau otak saraf bermasalah, Anda pun akan mengalami sakit yang tentu merugikan diri sendiri.

6 dari 8 halaman

6. Saling Merangkul

Proyek tim adalah proyek bersama. Saat salah satu anggota tim tidak mampu mengerjakan bagiannya, anggota tim yang lain dapat membantu. Setidaknya dengan memberikan arahan mengenai tata cara pengerjaan yang benar.

Dalam sebuah tim, tidak ada yang namanya kompetisi. Tidak ada yang menang ataupun yang kalah. Keberhasilan tim adalah kemenangan semua anggota. Sebaliknya, kekalahan tim adalah kegagalan semua anggota. Jadi, mulailah saling merangkul dan membantu satu sama lain. (Baca Juga: Rekomendasi Taman Bunga di Indonesia yang Cantik dan Instagramable Banget)

7 dari 8 halaman

7. Tetap Bersyukur

Proyek yang terlalu banyak sering kali membuat Anda lupa untuk bersyukur atas pencapaian yang sudah berhasil diraih hingga saat ini. Padahal, bersyukur merupakan salah satu bentuk relaksasi ringan untuk meningkatkan kekebalan saraf otak. Segala jenis masalah yang terjadi saat mengerjakan proyek dapat diatasi dengan kepada dingin tanpa rasa stres sedikit pun.

Sebelum dan sesudah memulai pekerjaan, setidaknya mengucap rasa syukur terlebih dahulu agar proyek yang hendak dikerjakan dapat membuahkan hasil yang maksimal.

8 dari 8 halaman

Rasa Stres Muncul karena Diri Sendiri

Salah satu pemicu utama stres adalah diri sendiri. Kalau Anda tidak mau stres, kerjakan apa yang harus dikerjakan dengan tenang dan santai tanpa dibarengi rasa takut dan pesimistis.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cegah Bosan saat Transit Panjang di Bandara, Coba Lakukan ini
Artikel Selanjutnya
Jangan Malu dan Iri, Pelajari 3 Hal Ini dari Rekan Kerja yang Sudah Sukses