Sukses

Menko Luhut Ajak Bos IMF Blusukan ke TPI Cilincing

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengajak Managing Director International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cilincing, Jakarta Utara, pada Rabu pagi.

Alasan Luhut mengajak bos IMF ke TPI ini untuk memperlihatkan peran Indonesia dalam melaksanakan kepeduliannya terhadap lingkungan, khususnya dalam pengelolaan sampah plastik.

Di TPI Cilincing ini beberapa tahun lalu menjadi kawasan yang kumuh dan penuh dengan sampah plastik. Namun, kini kawasan tersebut telah tertata dan bersih dari sampah plastik.

"Jadi kami tidak ingin tunjukkan yang bagus-bagus aja ke Madam, kami ingin tunjukkan apa yang terjadi di bawah juga, apa masalahnya dan apa yang sudah kami lakukan," kata Luhut di TPI Cilincing, Rabu (28/2/2018).

Luhut juga memaparkan kepada Lagarde bahwa menangani masalah sampah plastik di Cilincing ini tidak hanya dibersihkan, tetapi juga dimanfaatkan untuk aspal di kawasan Cilincing tersebut.

 

2 dari 2 halaman

Ekonomi Kerakyatan

Menanggapi apa yang disampaikan Luhut, Lagarde mengaku gembira bisa melihat pergerakan ekonomi Indonesia dari atas hingga ke ekonomi kerakyatan seperti yang ada di TPI Cilincing ini.

Dia juga mengapresiasi apa yang sudah dilakukan pemerintah Indonesia dalam menjaga lingkungan, khususnya dari bahaya sampah plastik.

"Sangat bagus yang dilakukan, karena sampah plastik itu memengaruhi kehidupan kita ke depannya. Kita harus jaga masa depan lingkungan dan kehidupan di dunia," tambahnya.

Lagarde tiba di TPi Cilincing pukul 07.00 WIB. Di sana, selain mendapatkan penjelasan mengenai penanganan sampah plastik, Lagarde juga menyapa para pedagang ikan dan menanyakan jenis-jenis ikan yang ada.

Hadir pula dalam kunjungan di TPI Cilincing ini adalah Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Jokowi Bakal Resmikan Kerja Sama Investasi Mobil Listrik Senilai USD 1 Miliar
Artikel Selanjutnya
Ahok Bakal Jadi Direksi BUMN Sektor Energi