Sukses

Anggaran Terbatas, Begini 9 Cara agar Tetap Bisa Liburan

Liputan6.com, Jakarta - Pada dasarnya, setiap orang butuh yang namanya liburan. Liburan merupakan suatu pelarian sementara dari rutinitas yang ada. Namun, terbatasnya anggaran menjadi hambatan setiap kali kita ingin pergi liburan.

Banyak orang beranggapan liburan itu membutuhkan dana yang besar. Faktanya, liburan tetap bisa dilakukan dengan budget yang terbatas. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut, seperti dikutip dari www.cermati.com, Senin (22/1/2018).

1. Menentukan Destinasi Liburan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan destinasi liburan, apakah di negara sendiri atau pergi melancong ke negara lain. Destinasi liburan membantu Anda untuk mengetahui kisaran biaya yang dibutuhkan.

Biaya untuk liburan ke luar negeri tentu saja berbeda dengan liburan di dalam negeri. (Baca Juga: Hasil Survei: Ternyata Transportasi Umum Ini yang ‘Digandrungi’ Orang Indonesia)

2. Menabung

Setelah mendapat gambaran mengenai biaya, kini saatnya untuk menabung. Mulailah untuk menyisikan sebagian dari gaji bulanan untuk ditabung. Hindari untuk bersikap konsumtif selama masa menabung. Adapun tips agar sukses menabung, antara lain:

• Hindari terlalu sering pergi ke mal.

• Membawa bekal makanan sendiri dari rumah.

• Membawa botol minuman sendiri.

• Hindari bertransaksi menggunakan kartu kredit.

• Minimalkan pengeluaran bulanan dengan memangkas kebutuhan yang bukan prioritas.

3. Mencari Tiket Pesawat Murah

Harga tiket pesawat sangat fluktuatif. Sekarang harganya Rp 900 ribu, lima menit kemudian sudah tembus Rp 1 juta. Harga yang tidak tetap ini membuat Anda harus cermat mengamati grafik perubahan harga.

Untuk mendapatkan tiket pesawat murah, ada baiknya membeli tiket jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Hindari untuk membeli tiket satu minggu sebelum keberangkatan. Hindari juga membeli tiket pada jam-jam sibuk karena harganya jatuhnya lebih mahal. Berdasarkan riset, harga tiket pesawat menjelang subuh jauh lebih murah dibandingkan di siang hari.

4. Memilih Tempat Penginapan Murah

Jangan berharap bisa tidur di hotel mewah, berkelas, dan berbintang saat dana liburan minim. Untuk menghemat biaya, jangan malu untuk menginap di hostel atau shared room.

Biaya penginapan yang dikeluarkan juga jauh lebih murah. Selain itu, liburan juga jauh lebih berkesan karena Anda berhasil keluar dari zona nyaman, yaitu mencoba liburan di tempat yang sederhana.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

2 dari 2 halaman

Selanjutnya: Menggunakan Transportasi Umum

5. Menggunakan Transportasi Umum

Liburan rasanya tidak lengkap jika harus berada di satu tempat sepanjang hari. Banyak dari kita yang memilih berkunjung dari lokasi A ke lokasi B untuk menikmati indahnya liburan. Saat berkunjung ke tempat lain, gunakanlah transportasi umum.

Biaya transportasinya juga jauh lebih murah. Untuk mengetahui jenis transportasi paling efektif, carilah informasi detail mengenai angkutan umum di lokasi yang bersangkutan.

6. Eat Like a Local

Selama liburan, hindari untuk terlalu sering makan di restoran mahal. Namun, konsumsilah makanan lokal yang disajikan di negara yang bersangkutan. Eat like a local juga mengharuskan Anda untuk makan layaknya orang lokal. Misalnya, makan di lesehan dan menggunakan tangan. Liburan tentu akan lebih mengesankan jika Anda mencoba hal-hal baru, bukan?

7. Kunjungi Objek Wisata Gratis

Setiap negara pasti memiliki tempat liburan gratis bagi wisatawan asing. Objek wisata gratis biasanya yang bertemakan alam, misalnya, gunung, pantai, dan teluk.

Dengan dana yang minim, jangan malu untuk mencoba tempat wisata gratis. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai objek wisata gratis dan pilah tempat mana yang menurut Anda paling eksotis.

8. Hindari Liburan pada Akhir Tahun

Biaya liburan pada akhir tahun dan hari-hari besar sangatlah mahal karena banyak orang yang memanfaatkan momen ini untuk liburan bersama keluarganya. Banyak juga yang pulang kampung. Hindari liburan saat arus mudik padat. Selain menghemat biaya, sensasi liburan juga lebih ngena karena objek wisatanya tidak padat.

9. Liburan Ala Backpacker Bisa Jadi Pilihan

Cara lain bagi yang minim dana ialah liburan ala backpacker. Cara ini sangat efektif untuk menekan biaya selama liburan. Fasilitas yang didapatkan juga sangat lumayan. Mulai dari penginapan, makanan, hingga transportasi.

Selain hemat, Anda juga berkesempatan untuk mengenal orang-orang baru dan menambah relasi. Siapa tahu bisa bertemu partner liburan yang pas sehingga Anda tidak perlu liburan sendirian lagi.

Liburan Tidak Selalu Harus Banyak Uang

Dari sembilan tips di atas, dapat disimpulkan kalau liburan tidak selalu menghabiskan biaya yang besar. Anda juga bisa pergi liburan, asalkan dana yang dimiliki mencukupi. Intinya, rajinlah menabung agar rencana liburan dapat segera terealisasi.

Loading
Artikel Selanjutnya
Intip 6 Restoran Paling Populer di Selandia Baru
Artikel Selanjutnya
Ini Dia Daftar Hotel Paling Nyaman di Selandia Baru