Sukses

Mau Produktif di 2018? Segera Lakukan Perubahan pada 30 Hal Ini!

Liputan6.com, Jakarta - Tahun baru ibarat menjadi lembaran baru bagi setiap orang. Banyak orang yang tentunya memiliki harapan untuk memiliki kehidupan yang lebih baik, sukses, produktif, dan bahagia.

Namun, kebanyakan orang merasa tidak yakin untuk mencapai harapannya tersebut. Sehingga akhirnya harapan-harapan yang awalnya sudah terlintas di pikiran, hanya dipendam atau bahkan dihapus begitu saja.

Padahal, ada cara termudah untuk mencapai harapan-harapan itu. Cukup dengan menukar kebiasaan negatif Anda menjadi yang lebih positif.

Melansir laman Lifehack.com, Jumat (12/1/2018), berikut 30 hal yang harus Anda hentikan dan apa yang harus Anda lakukan sebagai gantinya untuk menjadi lebih produktif:

1. Berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain, terutama di media sosial. Sebagai gantinya, fokus pada prestasi Anda sendiri - dan ingat bahwa media sosial tak selamanya benar, telah banyak orang-orang palsu merajalela.

2. Berhenti berbicara tentang bepergian atau berlibur. Lebih baik mulai menabung dari sekarang sehingga Anda bisa melakukan perjalanan sebelum tahun selesai.

3. Berhenti membeli kopi mahal setiap hari. Sebagai gantinya, belilah termos mini dan mulai bawa kopi Anda sendiri. Tentu akan menghemat uang Anda, bukan?

4. Berhenti mengeluh bahwa Anda tidak cukup banyak bertemu orang. Lebih baik secara aktif mencari teman baru dengan bergabung pada sebuah klub atau mengundang rekan kerja pergi bersama.

5. Berhenti menunda hal-hal yang ingin Anda coba, seperti yoga atau bela diri. Sebagai gantinya, segera ikuti kelas yang Anda mau.

1 dari 6 halaman

Selanjutnya

6. Berhenti menonton televisi secara teratur. Sebagai gantinya, cobalah kegiatan lain yang lebih bermanfaat, seperti membaca atau memasak.

7. Berhenti untuk takut mengatakan kata "tidak". Sebagai gantinya, sadarilah bahwa akan baik-baik saja untuk menolak rencana tanpa merasa bersalah - Anda tidak bisa menyenangkan semua orang, namun Anda bisa menyenangkan diri sendiri!

8. Hentikan mengisi semua waktu luang dengan media sosial. Lebih baik mencari hobi yang menurut Anda benar-benar akan Anda nikmati. Ada banyak hobi luar biasa di luar sana yang dapat dipilih, mulai dari mewarnai, memasak, hingga jet ski.

9. Berhenti mendengarkan jenis musik yang sama. Sebagai gantinya, perluas pengetahuan musik Anda atau cobalah jenis musik yang lain. Anda tidak pernah tahu apa yang akan Anda sukai!

10. Berhenti mengabaikan orang dalam hidup hanya karena Anda sibuk. Lebih baik perbanyak berbincang dengan orang tua Anda setiap minggu, dan selalu balas pesan teman Anda.

2 dari 6 halaman

Selanjutnya

11. Berhentilah merasa bersalah karena ingin mengobati diri sendiri. Sebagai gantinya, nikmati hidup secara sungguhan karena Anda pantas mendapatkannya!

12. Berhenti mengeluh tentang berita dan politik.

13. Berhenti membuat alasan karena tidak layak. Sebaiknya, lakukan latihan 10 menit setiap hari di rumah Anda.

14. Berhenti menghabiskan terlalu banyak uang untuk makanan. Sebagai gantinya, belilah buku masak dan belajar memasak semua makanan favorit Anda.

15. Berhenti untuk tidak menerima tanggung jawab atas kesalahan yang Anda perbuat. Sebagai gantinya, pertahankan diri Anda untuk semua hal yang Anda lakukan, termasuk hal-hal yang baik.

3 dari 6 halaman

Selanjutnya

16. Berhenti berbicara tentang pekerjaan impian Anda. Sebagai gantinya, tuliskan rencana 10 tahun yang berakhir dengan pekerjaan impian Anda.

17. Berhenti tidak memusatkan perhatian pada kesehatan mental Anda. Sebagai gantinya, pikirkan hal-hal yang mengganggu Anda dan membuat Anda kesal, dan pertimbangkan untuk berbicara dengan seseorang tentang perasaan Anda.

18. Berhenti menggunakan media sosial sebagai satu-satunya cara untuk menghubungi teman jarak jauh Anda. Sebagai gantinya, angkat telepon dan hubungkan salah satu teman Anda untuk mengobrol lama seminggu sekali.

19. Berhenti membeli baju murah yang hanya Anda kenakan sekali. Sebagai gantinya, mulailah berbelanja lebih sedikit, tapi belilah potongan pakaian berkualitas yang lebih baik dan akan bertahan lebih lama.

20. Hentikan menilai orang lain, terutama di media sosial. Buanglah hal negatif dan fokus pada tujuan dan pencapaian Anda sendiri.

4 dari 6 halaman

Selanjutnya

21. Berhenti membelanjakan uang setiap kali bertemu teman Anda. Dari padaselalu bertemu di kafe atau bar, mulailah bertemu di rumah untuk menonton film.

22. Berhenti mengonsumsi minuman yang sama. Cobalah minuman baru kapan pun Anda pergi sampai Anda menemukan minuman favorit utama Anda!

23. Hentikan mencuci rambut setiap hari. Cobalah untuk hanya mencuci rambut Anda sekali atau dua kali dalam seminggu.

24. Berhenti menumpuk dan meninggalkan cucian piring Anda begitu saja. Sebagai gantinya, cobalah untuk mencuci langsung semuanya setelah dipakai.

25. Berhentilah bersikap tidak berterima kasih dalam hubungan Anda. Puji pasangan Anda setiap hari dan ingatkan diri Anda akan hal-hal mengagumkan yang mereka lakukan untuk Anda.

5 dari 6 halaman

Selanjutnya

26. Berhentilah bangga dengan kekurangan Anda. Lebih baik berusahalah untuk menjadi lebih tenang.

27. Berhenti menggunakan alkohol atau rokok sebagai penyangga sosial. Sebagai gantinya, cobalah untuk tidak minum atau merokok pada malam berikutnya bersama teman, sehingga Anda akan merasa lebih percaya diri.

28. Berhenti mengonsumsi camilan manis dan asin setiap hari. Mulailah mengatur pola hidup yang lebih sehat.

29. Berhenti bermain media sosial di tempat kerja. Sebagai gantinya, cobalah sepenuhnya berhenti menggunakan media sosial di tempat kerja.

30. Berhenti terobsesi dengan foto buruk Anda. Sebagai gantinya, belajarlah untuk mencintai setiap gambar diri Anda di mana Anda terlihat bahagia.

Artikel Selanjutnya
Milenial Tidak Setia pada Pekerjaan, Berapa Lama Bertahan hingga Resign?
Artikel Selanjutnya
Kurang Fokus Saat Bekerja? Lakukan 5 Hal Ini