Sukses

Mangkrak 10 Tahun, Pelabuhan Kalianget Diserahkan ke Pelindo III

Menhub menilai penyerahan demi keberlangsungan pelayanan transportasi laut dan penyeberangan bagi masyarakat khususnya di Madura.

Liputan6.com, Jakarta Mangkrak lebih dari 10 tahun, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyerahkan pengelolaan Pelabuhan Penyeberangan Kalianget di Kabupaten Sumenep kepada PT Pelindo III (Persero).

Hal ini dipilih Menhub demi keberlangsungan pelayanan transportasi laut dan penyeberangan bagi masyarakat khususnya di Madura.

“Pembangunan Pelabuhan Penyeberangan Kalianget ini mangkrak lebih dari 10 tahun. Padahal masyarakat Madura membutuhkan pelabuhan ini untuk mendistribusikan (logistik) ke beberapa pulau seperti Bawean, Kangean, Masalembu, maupun Raas. Oleh karenanya saya sudah menghubungi Pelindo III nanti akan diserahterimakan dan agar dikelola,” jelas Menhub Budi dalam keterangannya, Senin (9/10/2017).

Selain itu Menhub telah menugaskan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk segera menyelenggarakan pelayaran perintis terutama ke pulau-pulau di sekitar Madura.

Dengan jumlah penduduk lebih dari lima juta jiwa, Menhub menyebut potensi pengangkutan penumpang dan logistik dari dan ke Pelabuhan Kalianget sangat baik.

Budi Karya berharap nantinya akan ada kombinasi logistik antara Madura dengan Kalimantan begitu pula dengan arus penumpang.

Menhub menargetkan pelabuhan penyeberangan ini dapat mulai dibangun pada 2018. "Menurut saya 2018 bisa dibangun dan setahun bisa selesai, paling ini Rp 50 miliar cukup (untuk membangun),” tutup dia. 

Tonton Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.