Sukses

Trik Tetap Semangat Kerja Meski Sudah Lewati Jam Kantor

Berikut adalah tips agar Anda tetap semangat bekerja walaupun sudah melewati waktu kerja

Liputan6.com, Jakarta - Saat memilih pekerjaan, pasti Anda memilih pekerjaan yang nyaman dan menguntungkan bagi Anda. Tidak ada pekerja yang menginginkan untuk tetap bekerja walaupun waktu kerja sudah habis atau lewat. Namun, kenyataaannya tidak seperti itu.

Terkadang Anda harus berada dalam situasi tidak bisa sepenuhnya menggunakan malam Anda untuk beristirahat setelah lelah bekerja. Mungkin atasan Anda meminta untuk bekerja karena batas akhir proyek yang penting atau Anda lebih bertanggung jawab dan masih menyesuaikan diri sehingga merasa tidak akan sempat menyelesaikan semuanya esok hari.

Itulah kenyataan yang terkadang memang harus dilewati. Namun, berikut adalah tips yang diberikan oleh Inc-asean.com agar Anda tetap semangat bekerja walaupun sudah melewati waktu kerja, seperti ditulis Sabtu (14/10/2017):

Pulang (jika Anda Bisa)

Jika Anda bisa menyelesaikan pekerjaan di rumah, itu lebih baik. Berkemaslah dan tinggalkan kantor. Karena, tidak semua pekerjaan kamu harus selesaikan di kantor. Mungkin jika Anda berada di tempat lain seperti rumah, Anda akan lebih termotivasi untuk bekerja dan menyelesaikannya agar lebih cepat untuk bisa beristirahat. Tempat baru juga terkadang memiliki aura postitif untuk memotivasi seseirang.

Merasa nyaman

Buatlah diri Anda nyaman. Temukan tempat yang nyaman seperti sofa atau justru suasana yang nyaman. Hal tersebut biasanya akan lebih menunjang produktivitas Anda. Karena, Anda sudah lelah seharian dengan situasi yang itu saja dan membuat Anda tidak nyaman.

Istirahat

Beri diri Anda istirahat sejenak sebelum Anda kembali bekerja. Istirahat tidak melulu soal tidur.Akan tetapi, Anda bisa berjalan lima menit ke luar dan ambil udara segar. Coba kegiatan lain seperti mendengarkan musik.

Makan sesuatu

Tidak peduli berapa banyak yang harus Anda lakukan, tetapi meluangkan waktu untuk makan itu sangat perlu. Luangkan waktu 15 menit dan mencari tahu apa yang akan Anda masukkan ke dalam mulut Anda. Idealnya, Anda harus memakan makanan sehat dan memiliki protein. Namun, jika tidak bisa makanlah makanan yang membuat energi Anda bertambah untuk melanjutkan pekerjaan Anda.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Tahu batasmu

Anda harus mengetahui batas kemampuan Anda sendiri. Jangan memaksakan diri untuk bekerja sampai larut malam atau bahkan sampai subuh bila hal tersebut sebenarnya dapat dilakukan dipagi hari. Lebih baik jika Anda beristirahat di waktu istirahat malam hari dan bangun lebih awal di pagi hari untuk menyelesaikan pekerjaan. Daripada, Anda berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan walaupun sudah tiak mampu.

Mulailah dengan hal yang paling mendesak dan paling menantang

Biasakan menangani pekerjaan yang paling mendesak dulu. Dan terlebih lagi yang dibutuhkan lebih cepat. Mengapa demikian? Karena, biasanya dalam mengerjakan sesuatu, semakin sedikit waktu yang diberikan atau tersedia amakn semakin tertantang Anda untuk menyelesaikannya.

Berencana Sebelum Anda Memulai

Buat daftar semua yang Anda butuhkan dari orang lain dan mintalah sebelum Anda pergi (dan sebelum mereka berangkat malam ini).

Atur Diri Anda

Jika Anda berada pada adrenalin tinggi saat Anda sedang melakukan pekerjaan, luangkan 10 menit untuk hari esok. Karena, Anda mungkin akan kelelahan saat Anda bangun tidur. Anda bisa membuat daftar semua hal yang harus Anda lakukan sebelum memulai aktivitas atau mempersiapkan segala sesuatunya untuk bekerja dikemudian hari.

Beri penghargaan

Akhirnya, setelah Anda lelah menyelesaikan pekerjaan bahkan sampai mengganggu waktu istirahat Anda. Maka, Anda pantas unuk memberikan hadiah untuk diri Anda sendiri dari hasil kerja keras tersebut. (Fransiska Wahyuning)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.