Sukses

Cadangan Batu Bara RI Capai 28 Miliar Ton

Liputan6.com, Jakarta Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat cadangan batu bara Indonesia mencapai 28,4 miliar ton sampai semester pertama 2017.

Pelaksana tugas ‎Kepala Badan Geologi Rida Mulyana mengatakan, pihaknya menggarap 11 Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WUIP) pada 2017. Hingga semester I, yang sudah digarap sebesar 36 persen.

"Untuk batubara, ini dari 11 Wilayah Izin Usaha Pertambangan, dari target 11 baru 36 persen,"‎ kata Rida, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (28/8/2017).

Menurut Rida, bila cadangan batu bara Indonesia sebesar 28,4 miliar ton, sedangkan sumber daya batu bara mencapai 128 miliar ton. "Sumber daya itu indikasi,  jadi melakukan survei di lapangan. Cadangan itu terukur terbuktikan,‎" dia menjelaskan.

Menurut Rida, belum optimalnya penemuan cadangan batubara tersebut akibat kendala di daerah yang menjadi sasaran pencarian cadangan, karena itu pihaknya terus menggandeng pemerintah daerah untuk melancarkan kegiatan tersebut.

"Karena dapat laporan ini prosesnya lebih banyak urusan di daerah, ini mendorong kita lebih bekerja sama dengan pemda," tutup Rida.


Tonton Video Menarik Berikut Ini: