Sukses

Amankan Pasokan BBM, Pekerja Pertamina Tak Ada Libur Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran menjadi momen paling ditunggu bagi yang merayakannya. Lantaran pada kesempatan tersebut khalayak bisa menikmati libur panjang dan menjadi ajang berkumpul dengan keluarga. Namun tidak semua orang bisa menikmatinya, salah satunya adalah pekerja PT Pertamina (Persero).

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Elia Massa Manik menyatakan, bagi pekerja Pertamina yang bertugas dalam tim satuan tugas (satgas) penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) masa mudik Lebaran 2017 tidak libur.

‎"Kami tidak libur yang satgas, semua standby, termasuk yang ritel dan pemasaran," kata Elia, saat menghadiri open house, di kediaman Menteri BUMN Rini Soemarno, Kawasan Patra Kuningan, Jakarta, Minggu (25/6/2017).

Elia melanjutkan, satgas tersebut bertugas pada 10 Juni-11 Juli 2017. Selain satgas, jajaran direksi Pertamina termasuk dirinya, juga tidak mendapat kesempatan libur Lebaran. "Seluruhnya sampai tanggal 11 Juli. Kalau direksi itu ada tiga direksi, termasuk saya," ujar Elia.

Terkait dengan pasokan BBM di jalur mudik. ‎Elia menuturkan, kebutuhan bahan bakar kendaraan pemudik tercukupi. Sedangkan untuk arus balik diperkirakan tidak serumit saat arus mudik, karena ada perbedaan waktu masyarkat yang melakukan balik.

"Semuanya aman kok. Biasanya arus balik lebih ringan dibandingkan arus mudik, statistiknya begitu. Karena yang ke sana itu (yang mudik) itu sekitar 20 persen mereka stay, jadi yang kembali lebih sedikit," jelas dia.

Untuk diketahui, hingga satu hari sebelum lebaran (H-1) realisasi penyaluran rata-rata harian Pertalite mencapai 43.029 Kilo liter (Kl) atau 21 persen di atas pengiriman harian normal (Daily Offtake Thruput /DOT) 2017.

Pada periode sama Pertamax series tersalurkan sebanyak 17.214 Kl ‎per hari, 17 persen di atas DOT 2017. Sedangkan premium tercatat lebih rendah 5 persen dari DOT 2017, yaitu 35.301 Kl‎ yang juga berarti turun sekitar 46 persen.

Untuk penyaluran solar lebih rendah 2 persen dibandingkan dengan DOT, yaitu 36.154 Kl‎ per hari. Pertamina dex mencapai 519 Kl per hari, 9 persen di atas DOT 2017, sedangkan penyaluran Dexlite mencapai 932 Kl per hari, 22 persen di atas DOT 2017.

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini: