Sukses

Pertagas Alirkan Gas Bumi untuk 39 Ribu Sambungan Rumah Tangga

Pertagas menyelesaikan pembangunan jaringan pipa gas di tiga kota.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Gas (Pertagas) telah mengalirkan gas bumi‎ ke 39 ribu sambungan rumah tangga pada 2017, seiring rampungnya pembangunan jaringan pipa gas pada tiga kota.

Manajer dan CSR‎ Pertamina Gas Hatim Ilwan mengatakan, pembangunan jaringan pipa gas rumah tangga berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2016. Pertagas mendapat penugasan dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk mengoperasikan gas di tiga kota.

‎"Pipa sudah beroperasi, tinggal menunggu seremonial saja, beroperasinya bertahap," kata Hatim di Jakarta, Kamis (22/6/2017).

‎Hatim menyebutkan, tiga kota tersebut adalah Prabumulih Sumatera Selatan, Balikpapan Kalimantan Timur, dan Cilegon Banten. Dari tiga kota tersebut, Pertagas melayani 39 ribu sambungan rumah tangga.

"Itu 39 ribu sambungan rumah tangga, yang paling besarnya di Prabumulih," ucap Hatim.

Untuk pembangunan jaringan pipa gas bumi rumah tangga yang dananya berasal dari APBN 2017, Pertagas mendapat penugasan mengoperasikan dan menyalurkan gas bumi ke 31 ribu sambungan rumah tangga di enam‎ kota pada tahun depan.

‎Enam kota tersebut adalah Pekanbaru Riau, Samarinda Kalimantan Timur, Bontang‎ Kalimantan Timur, Pali Sumatera Selatan, Muara Enim Sumatera Selatan, dan Mojokerto Jawa Timur.

"Tahun ini ada enam penugasan. Itu semua pakai dana APBN, jadi kontraktor pembangunan ditunjuk dari lelang yang dilakukan pemerintah. Pertagas ditugaskan mengoperasikan dan mengalirkan gasnya saja, targetnya tahun depan," tutur Hatim.

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.