Sukses

​ 9 Cara Berhemat agar Bisa Liburan Setiap Tahun

Berlibur bersama keluarga setiap tahun sebenarnya bisa saja dilakukan tanpa harus menguras rekening tabungan.

Liputan6.com, Jakarta - Berlibur bersama keluarga setiap tahun sebenarnya bisa saja dilakukan tanpa harus menguras rekening tabungan. Dengan melakukan beberapa perubahan kecil dan menyisihkan sedikit uang, Anda pun bisa merencanakan liburan bersama keluarga.

Sebelum memulainya, buat terlebih dahulu tujuan dan bikin anggaran biaya perjalanan yang mencakup semuanya, termasuk membeli oleh-oleh. Dengan memiliki tujuan tentu akan membantu Anda untuk merealisasikan keinginan.

Libatkan seluruh anggota keluarga untuk merencanakan liburan yang diinginkan, salah satunya dengan bersama-sama membuat tabungan. Ini merupakan satu cara yang bagus untuk mengajarkan anak-anak bertanggung jawab secara finansial demi sesuatu hal yang mereka inginkan.

Cara ini juga dapat mengikat dan mempererat hubungan dalam sebuah keluarga, sehingga dapat membuat semua orang senang dengan perjalanan yang akan dilakukan.

Kemana pun keluarga Anda ingin bepergian, membuat beberapa pengorbanan kecil dari sekarang akan membawa Anda dan keluarga bersenang-senang dan menikmatinya di kemudian hari.

Lalu bagaimana cara melakukannya? Situs nationaldebtrelief.com memberikan 9 tips dan cara kreatif menghemat uang untuk liburan bersama keluarga, berikut ulasannya:

1. Buat rincian dana

Jadilah kreatif dan buat daftar untuk mengetahui seberapa banyak yang Anda butuhkan untuk tujuan liburan. Rincikan apa saja yang rencananya akan dilakukan, misalnya apakah keluarga akan pergi menggunakan pesawat atau mobil, berapa hari akan liburan dan berapa banyak barang yang harus dibawa.

2. Buka rekening liburan

Buatlah rekening bank terpisah untuk dana liburan keluarga Anda. Ini akan membantu  melacak dengan mudah apa yang Anda simpan dan menjaganya agar tetap terpisah dari pengeluaran rutin yang lainnya.

Simak video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tagihan bulanan

3. Memutus tagihan bulanan yang tak penting

Singkirkan tagihan yang tidak perlu, seperti TV kabel, langganan gym bulanan atau beberapa hal tidak perlu lainnya seperti langganan majalah.

4. Masak makanan sendiri

Biasakan memasak makanan sendiri untuk keluarga Anda, karena ini berarti mengurangi jajan di luar. Cara ini selain lebih hemat juga lebih terjamin kebersihannya. Lalu Anda bisa melihat berapa banyak uang yang dihemat dengan mengurangi jajan di luar.

5. Potong anggaran pada hal yang tak perlu

Kurangi anggaran pada hal yang tak perlu, misalnya membeli makanan dalam jumlah besar, atau membeli hal-hal yang sebenarnya sudah Anda miliki namun karena kebiasaan lapar mata, terkadang bisa lupa, jadi terbiasa belanja untuk hal-hal yang sebenarnya tak penting.

3 dari 4 halaman

Butuh atau ingin?

6. Membutuhkan atau menginginkan

Kapan pun Anda berbelanja untuk sesuatu hal, tanyakan pada diri sendiri: Apakah saya memerlukan ini atau apakah saya menginginkan ini? Dan jujurlah dengan jawaban Anda. Mungkin awalnya sulit, tapi pada akhirnya justru menjadi hal yang baik.

7. Biasakan menyisihkan uang

Jika bisa, sisihkan setidaknya sedikit uang dan taruh di satu tempat, meski hanya sedikit seperti seribu atau dua ribu, tapi jika keluarga atau anak-anak dibiasakan menyisihkan uang setiap hari, maka Anda bisa melihat hasilnya. Uang yang tadinya kecil lama-lama akan bertambah banyak.

4 dari 4 halaman

Simpan uang bonus

8. Simpan uang bonus

Uang yang tidak Anda dapatkan secara normal harus dimasukkan ke dalam rekening liburan. Seperti bonus kerja, kenaikan gaji, atau uang hadiah yang mungkin Anda terima.

9. Jual barang

Waktunya membersihkan garasi, gudang atau loteng, jika menemukan barang yang tak terpakai namun masih bagus dan layak, ada baiknya untuk dijual.

Saat ini banyak aplikasi online yang menawarkan layanan jual beli barang bekas, dan Anda bisa memanfaatkan itu atau bisa juga menjualnya lewat akun media sosial seperti Instagram, eBay, atau Facebook.​


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.