Sukses

Konsumsi BBM Bakal Melonjak Saat Mudik Lebaran 2017

Pertamina prediksi kenaikan konsumsi BBM selama arus mudik dan balik di sejumlah daerah di Indonesia.

Liputan6.com, Serang - Pertamina prediksi kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) pada saat arus mudik saat libur Idul Fitri 2017 akan meningkat tajam di berbagai daerah di Indonesia.

"Semua sudah kami siapkan jauh-jauh hari. Premium juga masih tersedia," kata Yudy Nugraha, area Manajer Communication Pertamina Jawa Bagian Barat, saat dihubungi melalui pesan singkatnya, Senin (5/6/2017).

Guna menghindari kelangkaan BBM saat arus mudik dan balik, Pertamina terus memantau ketersediaan bahan bakar di setiap terminal dan kilang minyak agar selalu tersalurkan dengan baik.

"Upaya dan persiapan Pertamina mengamankan pasokan BBM, membentuk posko satgas, monitoring stok BBM di seluruh terminal BBM melalui sistem komputerisasi sistem informasi manajemen supply and distribution (simsnd)," jelas dia.

Prediksi Pertamina terkait tingkat konsumsi BBM selama arus mudik dan balik antara lain di Aceh 10,7 persen, Sumatera Barat (Sumbar) 22,7 persen, Jambi 12,2 persen, Kalimantan Barat (Kalbar) 9 persen, Sumatera Selatan (Sumsel) 14,1 persen, Kalimantan Selatan (Kalsel) 6,7 persen, Sulawesi Barat (Sulbar) 13,9 persen, Bengkulu 10,5 persen, Lampung 17,4 persen, Jabar 9,4 persen, Jateng 25,8 persen, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 10 persen, Jatim 11,5 persen, NTT 3 persen, dan Papua 2,6 persen.

Sebelumnya PT Pertamina (Persero) melakukan persiapan menghadapi musim mudik Lebaran 2017. Selain menyediakan Bahan Bakar Minyak (BBM), perusahaan tersebut juga menyediakan berbagai fasilitas untuk pemudik.

Senior Vice President Fuel Marketing and Distribution Pertamina Gigih Wahyu Hari Irianto mengatakan, Pertamina kembali menghadirkan rangkaian kegiatan tahunan dalam menyambut Ramadan dan Idul Fitri 1438 H.

Melalui salah satu produk unggulan-nya, Pertamax Series, Pertamina juga meluncurkan program Pertamax Berkah Perjalananku, untuk memudahkan masyarakat saat mudik Lebaran 2017.

"Pertamina sebagai produsen bahan bakar terbesar di Indonesia mendukung tradisi tersebut dengan menghadirkan berbagai fasilitas dan layanan unggulan bagi konsumen setia Pertamax," kata Gigih, di Jakarta, Selasa 30 Mei 2017.

Jumali, Vice President Retail Fuel Marketing PT Pertamina (Persero) menambahkan, Pertamina mengedepankan kemudahan dalam berbagi pada sesama, melakukan ibadah dengan lebih nyaman, serta memberikan kenyamanan saat perjalanan menuju kampung halaman PADA 2017.

"Tahun ini, bersamaan dengan Ramadan dan Idul Fitri, kami berupaya memfasilitasi mobilitas dan membantu memudahkan konsumen dalam menjalankan ibadah di bulan penuh berkah," ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.