Sukses

Jangan Lakukan Ini Jika Tidak Ingin Ditolak Kerja

Mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan impian memang menjadi dambaan semua orang.

Liputan6.com, Jakarta - Mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan impian memang menjadi dambaan semua orang. Namun, ada kalanya Anda sering mengalami kegagalan atau ditolak ketika mendapatkan pekerjaan yang sudah kita impikan.

Mungkin penolakan itu terjadi karena ada beberapa kesalahan yang Anda lakukan ketika pertama kali interview atau wawancara kerja. Nah, berikut ini ada beberapa kesalahan yang sering terjadi ketika proses interview yang membuatmu ditolak kerja seperti dikutip dari Karir.com:

Berpakaian Tidak Tepat

Sudah bukan rahasia lagi jika penampilan saat interview menjadi salah satu faktor penting yang akan menentukan Anda layak diterima atau tidak di dalam sebuah perusahaan.

Selain cara berbisaya dan gesture tubuh, HRD juga akan menilai cara Anda berpakaian. Baiknya hindari pakaian yang sexy, dandan berlebihan dan juga terlalu kasual.

Datang Terlambat

Meski Anda masuk ke dalam kualifikasi yang sesuai dengan keinginan perusahaan serta profil yang bagus, namun ketika terlambat datang saat interview jangan heran jika HRD langsung menolak.

Maka, usahakan untuk datang 10 sampai 15 menit lebih awal. Hal ini menandakan bahwa Anda menghargai waktu mereka dan tidak terkesan meremehkan sesi awal interview.

Persyaratan Melamar Kerja Tidak Lengkap

Pastikan Anda membawa persyaratan lengkap sebelum jalan interview kerja, karena hal ini dapat meminimalisir terjadinya penolakan kerja. Semua persyaratan kerja baik berupa resume, fotocopy identitas diri, pas foto hingga porto folio menjadi sesuatu yang wajib dibawa sebagai penilaian dan pertimbangan untuk bekerja di sebuah perusahaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Posisi yang dilamar

Tidak Paham Mengenai Posisi yang Dilamar

Jangan pernah sekali-kali melamar pekerjaan di posisi yang tidak pernah Anda pahami. Sebelum melamar pekerjaan, pastikan Anda harus benar-benar pahami dan teliti mengenai fungsi dan tanggung jawab di posisi tersebut.

Jangan sampai ketika proses interview berjalan, Anda tidak mengetahui secara detail mengenai tanggung jawabnya. Ini sudah memastikan bahwa Anda akan langsung ditolak oleh perusahaan.

Meminta Gaji Tidak Sesuai dengan Potensi

Selama proses interview pastinya nanti akan ada waktu untuk menegosiasi gaji. Untuk menghindari terjadinya penolakan karena Anda menawarkan gaji yang melewati pasaran, alangkah baiknya untuk melakukan survei terlebih dahulu.

Anda bisa melakukan survei gaji yang sesuai melalui internet atau menggunakan Salary Benchmark. Selain survei gaji, Salary Benchmark juga mampu mengetahui kisaran gaji pada posisi lain, mengatur gaji dan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini