Sukses

PLN Sambungkan Listrik 3 Desa di Kalimantan Tengah

PLN menyelesaikan pembangunan jaringan listrik sepanjang 49 kilometer sirkuit untuk melistriki di tiga desa.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) menjalankan program Listrik Desa (Lisdes) dengan menerangi tiga desa di yang terletak di Kecamatan Telaga Antang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dengan begitu semakin bertambah masyarakat yang dapat menikmati listrik.

Manajer Bidang Niaga PLN  Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng), M.Aries  ‎mengatakan, PLN menyelesaikan pembangunan jaringan listrik sepanjang 49 kilometer sirkuit (kms) untuk melistriki tiga desa. 24 kms dibangun PLN melalui program listrik desa, sedangkan 25 kms sharing antara PLN bersama PT Unggul Lestari.

"PLN telah berinvestasi sebesar lebih dari 11 miliar. Investasi sebesar itu dikucurkan selain untuk membangun jaringan listrik juga untuk membangun Saluran Udara Tegangan Rendah (SUTR) sepanjang 13 kms dan Trafo sebanyak 7 unit dengan total kapasitas mencapai 500 kilo Volt Ampere (kVA)," kata Aries, di Jakarta, Selasa (25/10/2016).

Tiga desa yang diresmikan adalah Desa Batu Agung, Desa Tri Buana dan Desa Bukit Indah. Jumlah pelanggan yang dinyalakan di Desa Batu Agung sebanyak 228 pelanggan, Desa Tri Buana sebanyak 101 pelanggan serta Desa Bukit Indah sebanyak 228 pelanggan, sehingga total pelanggan yang memperoleh listrik dari Lisdes ini mencapai 557 pelanggan

"Akan terus bertambah seiring dibukanya permohonan penyambungan baru oleh PLN," ucap Aries.

Bupati Kotawaringin Timur Sopian Hadi apresiasi kepada PLN. Walaupun medan menuju ketiga desa tersebut sangat sulit karena akses jalan yang masih berupa tanah perbukitan, namun PLN akhirnya berhasil.

"Setelah 32 tahun ketiga desa ini berdiri, akhirnya hari ini sejarah mencatat, masyarakat  Desa Batu Agung, Desa Tri Buana dan Desa Bukit Indah dapat menikmati aliran listrik. Terima kasih kepada PLN yang telah berhasil merealisasikan mimpi masyarakat di sini," ujar Sopian.

Untuk menghindari berbagai gangguan yang dapat menyebabkan listrik padam, Sopian mengimbau  masyarakat melakukan gotong royong dan turut serta membantu PLN membersihkan kawasan yang dilalui jaringan listrik dari ranting dan pepohonan. Dengan demikian jika cuaca buruk, pohon di sekitar jalur jaringan listrik tidak mengganggu aliran listrik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini