Sukses

Hati-hati, 5 Pertanyaan Ini Bisa Jebak Anda Saat Wawancara Kerja

Proses wawancara kerja seringkali dibuat dengan ketat agar pelamar yang lolos benar-benar memiliki kualitas yang dibutuhkan.

Liputan6.com, Jakarta Laporan yang dikeluarkan oleh Small Business Report mengungkap bahwa proses rekrutmen merupakan satu tantangan terberat yang harus perusahaan hadapi. Selain harus menyeleksi banyak resume yang dikirim oleh pelamar, mereka juga harus memilih kandidat tepat yang dapat mengisi posisi kosong di perusahaan.

Itulah mengapa proses wawancara kerja seringkali dibuat dengan ketat agar pelamar yang lolos benar-benar memiliki kualitas yang dibutuhkan.

Saat sesi wawancara, pihak HRD biasanya akan menanyakan beberapa pertanyaan pada pelamar. Walau terlihat mudah, pertanyaan ini ternyata bisa saja menjebak Anda.

Berikut lima pertanyaan wawancara kerja yang harus Anda antisipasi dilansir dari laman Entrepreneur.com, Minggu (4/9/2016):

1. "Bisa Anda ceritakan tentang diri Anda?"

Pertanyaan ini memang terkesan sederhana dan mudah untuk dijawab. Namun, kandidat yang tidak hati-hati bisa saja memberi tahu informasi yang terlalu banyak tentang kehidupan yang Anda jalani.

Untuk itu, Anda dapat menjawab hal ini dengan fokus pada kemampuan Anda yang nantinya dapat berkontribusi besar pada perusahaan.

2. "Apa Anda suka mengecek email saat liburan?"

Pertanyaan ini ditujukan untuk mengetahui dedikasi Anda ketika bekerja. Pewawancara juga ingin mengetahui kesiapan Anda saat diberi pekerjaan nantinya.

Oleh karenanya Anda dapat mencoba menjawab pekerjaan ini dengan memberi pernyataan bahwa Anda akan berkomitmen 100 persen terhadap pekerjaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan Wawancara

3. "Bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk wawancara ini?"

Pertanyaan ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah Anda benar-benar serius menginginkan pekerjaan ini. Anda dapat menjawab dengan memberitahu bahwa Anda telah menyisihkan waktu untuk meriset dan membaca informasi tentang perusahaan sebelum hari wawancara tiba.

4. "Apa pekerjaan impian Anda?"

Ini pertanyaan lain yang dimaksudkan untuk menguji keseriusan Anda terhadap pekerjaan. Pihak perusahaan juga ingin mengetahui seberapa besar keinginan Anda terhadap perusahaan tersebut.

5. "Apa yang akan Anda lakukan dalam waktu lima tahun ke depan?"

Perusahaan tidak akan mau membuang waktu dan tenaga untuk berinvestasi pada pegawai yang hanya ingin bekerja dalam waktu singkat. Pertanyaan ini dimaksudkan untuk mencari pegawai yang benar-benar memiliki visi yang sama.

Anda bisa menjawab pertanyaan ini dengan memberitahu bahwa Anda mencari pekerjaan yang bisa memberi tantangan dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. (Vna/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini