Sukses

Abaikan 6 Hal Ini Bisa Bikin Anda Tak Punya Rumah

Rata-rata peningkatan penghasilan setiap tahun justru tidak sebanding dengan lonjakan harga rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah menjadi rahasia umum, harga rumah yang terus meningkat dari tahun ke tahun adalah ancaman serius bagi anak muda Indonesia.

Bahkan rata-rata peningkatan penghasilan setiap tahun justru tidak sebanding dengan lonjakan harga rumah. Ancamannya Anda tidak mempunyai rumah sendiri saat berkeluarga nanti.

Nyatanya karena mengabaikan beberapa hal ini, Anda pun mesti menerima ancaman tersebut seperti dikutip dari www.cekaja.com, Senin (15/8/2016). Apa saja?    

1. Karier mandek

Jika hingga saat ini Anda hanya bekerja sekadar untuk hidup dari gaji ke gaji saja, masa depanmu sedang terancam. Sadarlah Anda butuh jenjang karier dan bukan hanya sekadar pekerjaan.

Cobalah bekerja keras dan disiplin agar punya kesempatan untuk dipromosikan. Jika peluang karier di kantormu tertutup, itu artinya Anda harus segera mencari pekerjaan baru.

2. Malas menabung Uang Muka rumah

Anda bisa saja punya karier baik dan pendapatan lumayan. Akan tetapi semua itu percuma saja kalau Anda tidak menyiapkan tabungan. Gaya hidup boros dan gemar berfoya-foya yang menghabiskan uang adalah kesalahan yang umum dilakukan anak muda.

Oleh karena itu, cobalah bijak dalam mengatur keuangan. Sisihkan setidaknya 30 persen dari penghasilan bulanan untuk mengumpulkan uang DP (uang muka) kredit rumah. Nilainya sekitar 20 persen dari harga rumah. Misalnya harga rumah sebesar Rp 500 juta, maka DP yang diperlukan sebesar Rp 100 juta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Abaikan Agen Terpercaya

3. Malas konsultasi ahli

Salah satu hal yang bisa membantu Anda punya rumah di usia muda adalah berkonsultasi dengan perencana keuangan. Dengan berkonsultasi pada ahlinya, Anda bakal memperoleh masukan sekaligus trik menyisihkan dan mengelola uang.

4. Abaikan agen dan developer terpercaya

Zaman sekarang banyak sekali agen dan developer properti. Namun, tidak sedikit agen dan developer properti nakal yang kerap kali melakukan penipuan. Bila Anda salah pilih bisa jadi Anda bakal menambah panjang daftar korban penipuan agen atau developer properti.

3 dari 3 halaman

Tak Punya Kartu Kredit

5. Tidak punya kartu kredit

Apa hubungannya kartu kredit dengan rumah? Hubungannya ada pada riwayat kredit. Yup, kalau Anda tidak punya kartu kredit, Anda akan sedikit kesulitan mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Biasanya saat mengajukan cicilan KPR, salah satu persyaratan yang dibutuhkan adalah kartu kredit.

6. Tidak punya dana cadangan

Terakhir, walaupun sudah memiliki rumah dan asuransi, jangan lupa sediakan dana darurat. Fungsinya, apabila ada kerusakan yang bersifat darurat, seperti kebocoran atap dan sebagainya, dana tersebut bisa digunakan. Dengan dana ini, Anda tidak akan pusing mencari utang bila rumah mengalami kerusakan mendadak. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini