Sukses

Damri Siap Operasikan Bus Baru buat Layani Penumpang Terminal 3

Saat ini bus Damri yang melayani kebutuhan transportasi masyarakat berjumlah 272 unit.

Liputan6.com, Jakarta - Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang direncanakan mulai beroperasi pada bulan ini. Upaya melayani kebutuhan penumpang, PT Angkasa Pura II (Persero) menjalin kerjasama dengan Perum Damri.

Sinergi yang dilakukan dua BUMN terkait pelayanan transportasi bagi para penumpang. Rencananya, Perum Damri akan mengoperasikan armada barunya untuk melayani penumpang di Terminal 3 Bandara Soetta.

"Saat ini Perum Damri sedang melaksanakan proses pengadaan 30 unit bus baru merek Mercedez type Euro III yang akan dioperasikan di Bandara Soekarno-Hatta menggantikan bus yang usianya lebih dari lima tahun sebagai wujud komitmen Perum Damri menyediakan sarana transportasi yang berstandar internasional," kata Sekretaris Perusahaan Arifin, Jumat (5/8/2016).

Selain itu, beberapa waktu lalu Perum Damri juga telah meluncurkan lima unit bus baru‎ berbahan bakar gas sebagai dukungan terhadap program langit biru dan transportasi yang ramah lingkungan.

Saat ini bus Damri yang melayani kebutuhan transportasi masyarakat berjumlah 272 unit. Dengan 50 persen diantaranya berumur kurang dari dua tahun, 17 persen berumur 3-5 tahun dan selebihnya berumur lebih dari 5 tahun.

Bus yang beroperasi tersebut dilengkapi dengan fasilitas CCTV, Wi-fi, Recleaning Seat, Apar dan Pemecah Kaca, Panduan Doa dalam Perjalanan dan Buku Tanggap Darurat.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, di setiap keberangkatan dari terminal maupun keluar dari bandara, awak bus memberikan sambutan (greeting) dan memasang label pada barang bawaan penumpang yang disimpan dalam bagasi. Selain itu, saat ini sedang dalam uji coba Fleet Management System, Passenger Information system, Thermal base Passenger Counter dan e-ticketing.

Adapun trayek yang dilayani sebanyak 22, yaitu rute Bandara Soekarno-Hatta ke Gambir, Kampung Rambutan, Tanjung Priok, Serang, Blok M, Bogor, Cikarang, Karawang, Purwakarta, Kemayoran, Rawamangun, Pasar Minggu, Mangga Dua, Bekasi Barat, Bekasi Timur, Harapan Indah, Lebak Bulus, Pramuka City, Cibinong, Karawaci, Pulo Gebang dan Serpong. (Yas/nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.