Sukses

Sony Beli Katalog Lagu Beatles Senilai Rp 9,9 Triliun

Sony membeli saham milik Michael Jackson di Sony/ATV sebesar 50 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Sony baru saja membeli katalog musik Beatles seharga US$ 750 juta (sekitar Rp 9,94 triliun dengan asumsi kurs Rp 13.260 per dolar AS) atau setara 50 persen kepemilikan saham perusahaan Sony/ATV. Perusahaan membeli saham tersebut dari kepemilikan mendiang penyanyi Michael Jackson.

Kesepakatan ini membantu menghapus hutang Jackson, sekaligus memperkuat posisi Sony sebagai penerbit musik. Katalog yang telah dimiliki Sony/ATV saat ini termasuk lagu karya Wyclef Jean, Taylor Swift, dan Fab Four.

Sony dan Jackson sebelumnya membentuk Sony/ATV pada 1995. Ketika itu Jakcson telah membeli ATV, pemilik lagu Beatles, seharga US$ 41,5 juta.

Seperti ditulis CNN Money, Rabu (16/3/2016), hak penerbitan ini memberi kontrol atas bagaimana musik dan lirik sebuah lagu dipakai dalam radio, televisi, dan film. Film seri Mad Men, misalnya, membayar US$ 250 juta untuk lagu Beatles yang berjudul Tomorrow Never Knows dalam salah satu episodenya di 2012.

Jackson merupakan orang pertama yang mengenali nilai dalam mengendalikan hak atas karya yang populer.

John Branca dan John McClain, selaku pelaksana harta Jackson mengatakan, pembelian katalog ATV merupakan investasi tercerdas dalam sejarah musik.

"Transaksi ini memungkinkan kami untuk melanjutkan upaya memaksimalkan harta Jackson demi kepentingan anak-anaknya," kata Branca dan McClain dalam sebuah pernyataan. (Elsa A/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini