Sukses

Pelindo III Kembali Buka Dermaga Baru di Gresik

Terminal pelabuhan Manyar di kawasan JIIPE dikelola oleh PT Berlian Manyar Sejahtera.

Liputan6.com, Gresik - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), kembali membuka dermaga baru, Terminal Pelabuhan Manyar di kawasan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur.

Uji coba diawali dengan pengapalan 9 ribu ton pupuk produksi Gresik, tujuan Pelabuhan Teluk Bayur dengan kapal MV Isa Winter.

Terminal ini dikelola PT Berlian Manyar Sejahtera (BMS), pembangunannya dimulai  2013 dan selesai 2015.‎ Selanjutnya, digunakan untuk melayani bongkar dan muat semua jenis kapal.

Pemuatan barang perdana ini menjadi bukti, dermaga pelabuhan bagian dari JIIPE siap digunakan ‎membawa bahan baku juga barang hasil industri yang dihasilkan daerah setempat.

 "Ini bukti, kalau pelabuhan di Gresik ini siap digunakan untuk melayani kapal dan kegiatan bongkar muatnya. Ini bisa menarik calon investor untuk menanamkan investasinya di JIIPE," kata ‎ Direktur Utama PT Pelindo III, Djarwo Surjanto, seperti ditulis Minggu (31/1/2016).

"Ini pupuk hasil industri yang ada di Gresik. Artinya keberadaan Terminal Manyar ini selain dibutuhkan oleh industri yang ada di JIIPE juga juga dibutuhkan oleh industri lain yang ada di sekitarnya," tambah Djarwo.‎

Selain itu, pelabuhan di Gresik ini juga untuk mengurangi kepadatan di Pelabuhan Tanjung Perak‎ dan sekitarnya.  Ditambahkan, setidaknya ada sebelas kapal barang dan curah kering yang menunggu pengapalan. Pelabuhan Terminal Manyar ini juga digunakan sebagai salah satu alternatif bagi kapal untuk sandar dan melakukan kegiatan bongkar muat.

Saat ini, ‎di kawasan JIIPE, sudah ada 4 industri yang sedang membangun pabrik di kawasan tersebut, PT Unichem Candi Indonesia, PT Clariant Indonesia, PT Tirta Bahagia, dan AKR Group.

"Beberapa industri sudah menyatakan minatnya untuk masuk ke JIIPE.  Tapi secara etika bisnis kami belum bisa mengumumkan siapa saja yang masih melakukan proses pembicaraan dengan kami," tandas Djarwo.

Sekadar diketahui bahwasanya JIIPE merupakan kawasan industri yang terintegrasi langsung dengan pelabuhan, berlokasi di Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.  

Dibangun di atas lahan kurang lebih 2.000 hektar.  Hasil kerja sama antara Pelindo III dengan pihak swasta guna mendukung daya saing logistik nasional.

Pada November 2015 lalu, Presiden Joko Widodo bersama Kepala BKPM Franky Sibarani meninjau langsung lokasi pembangunan JIIPE di Gresik, JawaTimur ini. (Dian K/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.