Sukses

Hadiah Lotre AS Tembus Rp 20 Triliun, Terbesar Sepanjang Sejarah

Warga Amerika Serikat tengah gandrung dengan permainan lotre.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Amerika Serikat tengah gandrung dengan permainan lotre. Sebagian besar orang AS membeli berbondong-bondong membeli tiket lotre dan menguji keberuntungannya saat permainan tersebut diundi, dalam lotre powerball. Saking banyaknya yang ikut, hadiah lotre ini adalah terbesar sepanjang sejarah.

Hadiah undian lotre Powerball merangkak ke nilai US$ 1,5 miliar pada Selasa waktu setempat. Nilai itu setara Rp 20,7 triliun jika dihitung dengan kurs yang barlaku sekarang (Rp 13.860/dolar). Menurut panitia resmi dari undian ini, hadiah pada lotre kali ini adalah yang oaling besar sepanjang sejarah selama lotre ini digelar di AS. uang Rp 20,7 triliun sangat besar untuk satu orang pemenang lotre.

Dilansir dari Reuters, Rabu (13/1/2016),Juru Bicara Texas LOttery Commission Kelly Cripe mengatakan, hadiah tersebut terus menggunung seiring dengan semakin banyaknya peserta yang ikut, terutama di hari Senin lalu.

Hadiah jackpot sendiri diberikan pada pemenang senilai US$ 930 juta, jika si pemenang tersebut ingin dibayarkan tunai langsung. Tapi jika si pemenang ingin total US$ 1,5 miliar, uang tersebut dibayarkan secara tahunan hingga 29 tahun mendatang, menurut Multi State Lottery Association.

Pengundian Powerball ini akan dilakukan pada Rabu waktu setempat. Permainan ini dilakukan di 44 negara bagian, Washington DC dan dua teritori AS.

Nilai US$ 1,5 miliar adalah yang paling besar sepanjang sejarah lotre. Pernah ada lotre yang digelar di Spanyol yakni El Gordo atau biasa disebut the Fat One yang hadiahnya mencapai US$ 2,45 miliar di tahun lalu. Tahun sebelumnya lebih besar lagi yaitu US$ 2,7 miliar.

Namun El Gordo membayarkan uang sebesar itu ke ribuan orang pemegang tiket lotre. Sementara hadiah powerball senilai US$ 1,5 miliar atau Rp 20,7 triliun, hanya untuk satu orang saja.

Kini di AS memang sedang gandrung akan undian lotre ini. Orang bisa kaya mendadak jika tiket lotre yang dibelinya menang. Namun tak sedikit juga menang lotre yang malah menghancurkan hidupnya. Beberapa pengalaman, orang bisa kaya mendadak karena menang lotre hingga kemudian hidupnya kacau juga karena undian tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini