Sukses

JK Sepakat dengan Megawati Soal BUMN

Megawati menyoroti keberadaan perusahaan pelat merah yang kini dianggapnya sudah seperti swasta yang hanya mengutamakan keuntungan semata

Liputan6.com, Jakarta ‎Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan dirinya sepakat dengan pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, bahwa BUMN tidak boleh diperlakukan sebagai korporasi semata.

"Pemerintah sepakat, itu benar bahwa BUMN jangan berpikir full korporasi," tegas JK, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin (11/1/2016).

JK menegaskan BUMN mempunyai misi khusus untuk pengembangan ekonomi, hal-hal perintisan, membuat pemerataan, dan mengelola kekayaan negara. Oleh karena itu, perusahaan pelat merah itu berbeda dengan korporasi biasa.

"Ya artinya tentu ada hal-hal yang perlu diperbaiki," ujar dia.

Ketua Umum Partai PDIP Megawati Soekarnoputri sebelumnya sempat menyindir Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dalam Rakernas I PDIP di Jakarta. Megawati menyoroti keberadaan perusahaan pelat merah yang kini dianggapnya sudah seperti swasta yang hanya mengutamakan keuntungan semata.

Menurut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, pernyataan Ketua Umum PDIP ini bukan bertujuan menyentil Rini Soemarno. Namun Megawati dinilai lebih fokus pada kinerja BUMN.

"Bukan Bu Rini-nya, tapi beliau (Megawati) ingin BUMN jangan sampai menjadi beban pemerintah. BUMN harus memberikan konstribusi kepada pemerintah, meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan memberikan stimulan untuk pemerataan pembangunan," ujar Tjahjo kemarin. (Alvin/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • Rini Soemarno kini menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
    Rini Soemarno kini menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

    Rini Soemarno

Video Terkini