Sukses

PLTMG Riau Beroperasi, Pasokan Listrik Bertambah

Saat ini pembangkit tersebut sedang diuji coba aliran sistem.

Liputan6.com, Jakarta PT PLN ( Persero) telah menyelesaikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Rawa Minyak, Riau, sebesar 25 Mega Watt (MW). Saat ini pembangkit tersebut sedang diuji coba aliran sistem.

Senior Manajer Public Relation PT PLN, Agung Murdifi mengatakan,‎ masuknya PLTMG 25 MW dalam sistem kelistrikan Riau akan menambah rasio elektrifikasi yang ada dan menambah kekuatan dalam sistem 20 KV Siak, Sei Apit, Dayun,Gasip, Pakning dan Mengkikip.

Beban puncak untuk sistem Siak sendiri saat ini sebesar 10 MW dengan kemampuan daya sebesar 11 MW yang sebelumnya dipasok dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Siak dan PLTD Sei Apit.

"Setelah dilakukan sejumlah uji coba dan proses sinkron, akhirnya PLTMG Rawa Minyak ini bisa masuk dalam sistem kelistrikan yang ada di Riau, dengan masuknya PLTMG bisa meningkatkan kapasitas PLN dalam melayani kelistrikan di Riau" kata Agung, di Jakarta, Minggu (10/1/2015).

Menurut Agung, untuk tahap awal ini secara bertahap akan masuk mulai 6 MW, kemudian akan menyusul sesuai dengan kemampuan menyerap beban dan akan ditambah secara bertahap.

‎"Penyelesaian PLTMG Rawa Minyak ini juga tidak terlepas dari kerjasama yang apik antara PT PLN (Persero) dan PT Wijaya Karya (Persero) selaku pengembang," tutur Agung.

Selain itu, saat ini PLN juga tengah dalam proses uji coba sistem untuk Pembangkit ListrikTenaga Uap ( PLTU) Tenayan, dengan kapasitas 2X110 MW.

Hal ini tentu dengan satu tujuan menaikkan rasio elektrifikasi sekaligus komitmen PLN dalam peningkatan infrastruktur kelistrikan Tanah air.

" Kami akan optimal untuk mempercepat seluruh proyek agar selesai tepat waktu, sebagai wujud pelayanan kami untuk masyarakat, agar seluruh pelanggan dapat menikmati terangnya listrik" tutup Agung. (Pew/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini