Sukses

Mau Hemat Uang? Ikuti 6 Tips Ini

Saat gajian tiba, tahan nafsu belanja Anda. Jangan sampai gaji hanya numpang lewat.

Liputan6.com, Jakarta - Gajian merupakan waktu yang paling dinantikan seluruh karyawan. Gajian tiba, Anda langsung membayangkan barang-barang apa saja yang ingin dibeli.

Hati-hati tahan hasrat belanja Anda. Jangan sampai gaji hanya numpang lewat dan Anda harus berutang demi melanjutkan hidup.

Seperti dilansir dari, northeastern.edu, Sabtu (6/12/2015), enam tips berhemat uang:

1. Kunci kartu kredit Anda

Salah satu cara termudah untuk merengangkan anggaran Anda adalah meninggalkan kartu kredit dan kartu debit di rumah.

Karena dengan membawa dua kartu tersebut, Anda akan menggunakannya tanpa berpikir banyak tentang tagihan atau tabungan yang akan terkuras nantinya.

Dengan begitu Anda hanya bergantung dengan uang tunai yang Anda miliki, maka dari itu Anda akan mengurangi pemakaian uang untuk hal yang kurang penting.

Pastikan juga Anda akan membayar tagihan secara penuh setiap bulan, dalam rangka untuk meningkatkan peringkat kredit Anda.

2. Jangan terlalu royal

Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk memberikan teman dan keluarga sebuah hadiah.

Anda bisa membuat beberapa hadiah atau membuat sebuah kue, cobalah untuk belanja di toko atau pasar yang harganya jauh lebih murah dari harga di mal.

3. Hindari membeli makanan yang diantar ke rumah.

Anda mempunyai waktu luang mingguan atau bulanan? Gunakan waktu tersebut untuk berbelanja di pasar tradisional.

Anda bisa memasak makanan yang Anda mau dan dapat lebih berhemat, hal tersebut akan menghindari pembelian makanan melalui pengiriman antar ke rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makan malam romantis

4. Makan malam romantis yang hemat

Jika Anda mempunyai rencana untuk pergi dinner di restoran romantis dengan teman kencan Anda.

Anda bisa mengajaknya untuk mencicipi masakan Anda dan mengajaknya makan malam romantis di teras rumah Anda, dengan dekorasi yang Anda buat sendiri.

5. Dekorasi kamar

Tidak perlu mengeluarkan banyak dana untuk membuat kamar terlihat baik, bingkai beberapa kertas yang menarik dengan foto Anda.

Anda juga bisa pergi ke pasar loak untuk memiliki barang-barang unik dan antik, selain murah banyak barang-barang yang tidak bisa Anda temukan di pasar moderen.

6. Menukar mobil Anda dengan Sepeda

Jika Anda memiliki mobil, sepeda motor atau sepeda. Anda dapat berhemat sambil berolahraga, dengan menggunakan sepeda untuk pergi ke tempat-tempat yang masih dapat di jangkau dengan menggunakan sepeda.

Selain berhemat Anda juga mengurangi polusi dan menghemat bahan bakar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini