Sukses

Tidur Siang Bisa Bikin Kerja Lebih Produktif, Ini Alasannya

Bagi mereka yang tidak memiliki cukup waktu istirahat, tidur siang merupakan cara yang efektif untuk dapat memulihkan stamina yang terkuras.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat mengistirahatkan diri dari lelahnya bekerja. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan berbincang bersama teman, makan makanan ringan, atau bahkan tidur siang.

Bagi mereka yang tidak memiliki cukup waktu untuk istirahat, tidur siang merupakan cara yang efektif untuk dapat memulihkan stamina yang sudah terkuras.

Siapa sangka tidur siang ini bahkan dapat meningkatkan produktivitas Anda bekerja. Seperti dikutip dari laman Lifehack.org, Senin (16/11/2015), berikut beberapa manfaat yang dapat didapat dari tidur siang:

1. Memberi energi yang dibutuhkan tubuh

Penelitian mengungkapkan bahwa kebanyakan orang ternyata memerlukan paling sedikit dua kali tidur dalam sehari. Jumlah istirahat yang tidak cukup justru dapat membuat produktivitas Anda menurun, susah berkonsentrasi, hingga tingkat mood yang tidak konstan.

Beristirahat sambil tidur siang akan membuat energi Anda kembali ke tingkat yang lebih baik. Studi juga menjelaskan bahwa setelah tidur siang denyut jantung seseorang akan menjadi lebih stabil, sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi.

2. Lebih fokus

Fokus dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan merupakan kemampuan penting yang harus Anda miliki. Selain dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik, fokus yang besar juga akan membuat Anda lebih teliti dalam mengerjaakan pekerjaan yang ada.

Tidur siang yang cukup akan memberikan Anda suntikan energi yang cukup, sehingga fokus Anda akan meningkat 3 kali lebih besar dibanding sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih teliti

3. Lebih teliti

Penyakit membahayakan seperti jantung koroner dapat muncul ketika tubuh Anda tidak mendapat istirahat yang cukup. Selain mampu membuat Anda lebih produktif, energi tambahan yang didapat dari tidur siang dapat membuat tubuh Anda lebih sehat karena metabolisme tubuh akan berjalan dengan lebih baik. Proses detoksifikasi juga akan berjalan lebih lancar karena tubuh akan mampu bertranspirasi lebih baik dari sebelumnya.

4. Meningkatkan mood

Tidur siang akan membuat Anda merasa lebih rileks, sehingga emosi pun akan menjadi lebih stabil. Hal ini berefek pada mood yang berubah menjadi lebih baik. Selain lebih produktif, mood yang baik juga akan membantu Anda untuk melihat dunia dari kacamata positif.

5. Berkonsentrasi lebih baik

Jika Anda ingin dapat menyelesaikan pekerjaan, maka Anda pun membutuhkan tingkat konsentrasi yang baik. Siapa sangka tidur siang dapat membantu Anda untuk mendapatkan hal tersebut. Tingkat konsentrasi yang baik juga akan membuat Anda mampu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik. Penelitian mengungkapkan bahwa tidur siang dapat meningkatkan fokus sebesar 30% dari sebelumnya. (Vna/Gdn)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.