Sukses

Diyakini Cikal Bakal Dolar, Koin Kuno Ini Dihargai Rp 70 Miliar

Koin dolar berumur ratusan tahun bakal dilelang dan diperkirakan bakal laku dengan nilai US$ 3 juta sampai US$ 5 juta.

Liputan6.com, New York - Siapa sangka sekeping koin dolar kuno yang telah usang bisa bernilai miliaran rupiah. Koin dolar berumur ratusan tahun bakal dilelang dan diperkirakan bakal laku dengan nilai US$ 3 juta sampai US$ 5 juta. Jika dirupiahkan seharga Rp 70 miliar!

Dikutip dari CNN Money, Minggu (13/9/2015), hanya ada 150 keping koin jenis ini tersisa, yang tak tahu berada di mana. Koin ini diyakini adalah cikal bakal lahirnya koin dolar.

Konsultan lelang dari Stack Bowers, John Kraljevich, mengatakan dolar perak dari tahun 1794, yang merupakan salah satu jenis dolar keluaran yang pertama, diperkirakan berharga senilai antara US$ 3 juta sampai US$ 5 juta.

"Ide awal dari adanya dolar dimulai dari koin ini. Ini adalah fondasi dari keberadaan Amerika Serikat di dunia perdagangan," katanya.

Koin kuno ini juga diyakini adalah koin yang terbaik. Hal ini mengguncang dunia pada 2013 saat harganya mencapai US$ 10 juta saat dilelang.

Jumlah itu dua kali lupat dari rekor sebelumnya yaitu sebesar US$ 4,1 juta pada 1999 yang lalu. Berdasarkan penjelasan Kraljevich, koin tersebut dibuat secara spesial dan memang harus dijaga. Silver Dollar yang akan dijual pada bulan depan, bagaimanapun juga, adalah kenang-kenangan dari seorang bangsawan Inggris yang tertinggal di sebuah lemari selama 170 tahun.

Koin itu juga pernah dimiliki oleh sebuah keluarga di Dallas. Mereka menganggapnya sebuah investasi karena bisa dihargai jutaan dolar. Koin itu terakhir dilelang pada 2010 seharga US$ 1,2 juta. Tapi pada penawaran sebelum lelang, harga koin itu US$ 2 juta.

Pada lelang yang akan dilakukan September, Silver Dollar akan dijual bersamaan dengan koin bersejarah milik keluarga Pogues lainnya, yang diperkirakan sebagai koleksi yang paling berharga di seluruh dunia. Sebanyak 681 koin milik mereka diperkirakan bernilai US$ 200 juta.

Koin yang laku terjual paling mahal di antara semua koin adalah Quarter Eagle dari tahun 1808 senilai US$ 2,35 juta.

"Menjual koleksi saya sebenarnya pahit. Tapi saya sekarang merasa sudah waktunya untuk melepasnya ke penjagaan generasi yang baru, yang bisa mengapresiasi warisan dari koin yang luar biasa ini," kata Brent Pogue.

Brent juga mengatakan, koin-koin ini membangkitkan banyak kenangan dan dia berharap pemilik barunya akan menyukainya, seperti yang dia lakukan. (Zul/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini