Sukses

Percepat Infrastruktur, Mental Pejabat RI Harus Diubah

Liputan6.com, Jakarta Ketua Tim Ahli Wakil Presiden RI, Sofjan Wanandi menyatakan mentalitas kerja pemerintah harus diubah jika ingin mempercepat pembangunan infrastruktur.

Sofjan mengatakan, meski saat ini pemerintah telah memiliki dana untuk membangun infrastruktur, tetapi dalam 10 bulan pemerintahan Presiden Joko Widodo belum ada proyek infrastruktur yang terealisasi.

"Tidak banyak yang kita selesaikan 10 bulan ini kita banyak inginnya tidak bisa diselesaikan, uang ada juga tidak bisa dikerjakan, dimana letak kesalah kita?," kata Sofjan di Kantor Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jakarta, Kamis (3/9/2015).

Menurut Sofjan, pemerintah harus mengubah cara bekerja dan para pejabat harus merubah mentalitasnya, jika ingin pembangunan infrastruktur dipercepat.

"Kita semua harus berubah cara bekerja dengan pemerintah dan tidak ada jalan lain merubah mentalitas pejabat yang menangani infrastruktur," tuturnya.

Sofjan menambahkan, penyebab lain proyek infrastruktur tak berjalan adalah kriminalsiasi pengambil keputusan, sehingga menimbulkan kekhawatiran dikalangan pemerintah sendiri.

"Sebagian besar tidak mau ngambil keputusan takut dikriminalisasi semua kerjaan tidak ada keberanian lagi, dulu dibantu aparatur tapi sekarang ini keingina Presidennya terbentur birokrasi semua kebijakan dipidanakan, " pungkasnya. (Silvanus/Ndw)