Sukses

Pertagas Jamin Aceh-Sumut Tak Defisit Gas Sampai 2025

Hal itu dicapai dengan adanya fasilitas pengolahan LNG menjadi gas Arun dan dibangunnya pipa dari Lhokseumawe hingga Belawan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Gas (Pertagas) menjamin pasokan gas untuk wilayah Sumatera Utara dan Aceh sehingga tidak akan mengalami defisit gas sampai 2025.

Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis PT Pertamina Gas Ahmad Kudus mengatakan, saat 2025 terjadi ketidakseimbangan antara pasokan dan kebutuhan gas pada 2025.

"Pada 2025 sebaran kebutuhan dan pasokan gas tidak berimbang. Kita lihat untuk kebutuhan terbesar di Jawa Barat, kita akan mengalami defisit 1,6 triliun kaki kubik (tcf)," kata Ahmad di Jakarta, Rabu (26/8/2015).

Ahmad mengungkapkan, khusus pasokan gas untuk wilayah Sumatera Utara dan Aceh saat ini sudah aman, dengan adanya fasilitas pengelolaan gas alam cair (LNG) menjadi gas Arun, dan dibangunnya pipa dari Lhokseumawe hingga Belawan.

 "Bagaimana kita bisa mengantar surplus gas pada 2025 masih tersedia cukup gas di sana Pertamina dan Pertagas telah membangun infrastruktur, dengan berdirinya Pertaarun gas kita bangun pipa transmisi Arun- Belawan, sehingga kita beri gambaran sampai 2025 daerah ini tak terjadi defisit," paparnya.

Tak hanya Aceh dan Sumatera, Pertagas juga sedang menggarap pipa transmisi gas yang menghubungkan Jawa Barat-Jawa Tengah, pembangunan pipa tersebut ditargetkan rampung 2019.

"Kita lakukan looping gas dari Jawa Barat sampai Jawa Tengah, sehingga 2019 seluruh Jawa bisa tersambung jalur transmisi gas Jawa Barat-Jawa Tengah," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PT Pertamina Gas adalah perusahaan yang bergerak dalam sektor midstream dan downstream industri gas Indonesia.

    Pertagas

  • gas