Sukses

Ingin Berwirausaha? Ini 5 Peluang Bisnis Bermodal Kecil

Liputan6.com, Jakarta - Ingin bekerja untuk diri sendiri?. Maka mulailah membangun bisnis sendiri. Kabar baiknya, ada beberapa bidang wirausaha yang sebenarnya dapat dimulai dengan modal yang relatif kecil. Jadi Anda tak perlu pusing memikirkan mencari modal untuk memulai bisnis sendiri.

Berikut ini adalah 5 ide bisnis yang bisa membangkitkan jiwa kewirausahaan Anda dilansir dari Payscale, Selasa (11/8/2015):


1. Konsultan

Jika Anda paham dengan teori pada bidang tertentu, dapat menggunakan keahlian tersebut untuk membangun bisnis sebagai konsultan. Anda bisa memasarkan diri sendiri sebagai konsultan bisnis atau kepada orang yang mencari layanan konsultasi di bidang yang dikuasai.

Jika Anda pandai menggunakan sosial media, ketahuilah seluk beluk memanfaatkannya untuk aktivitas bisnis. jika Anda mau, bisa juga menjadi konsultan media sosial.

Bisnis mungkin mengharuskan Anda untuk memelihara sebuah blog atau website yang berisi kompetensi, supaya mudah ditemukan calon klien.

2. Membuat dan menjual barang-barang

Apakah teman-teman Anda kagum pada seni tanah liat atau perhiasan kaca?. Jika Anda kreatif, dapat membuat hal-hal keren yang mungkin orang-orang akan suka. Dan mengapa tidak membuat bisnis dari itu?. Anda dapat menjual barang-barang di situs yang banyak berkembang.

Jika Anda memiliki keterampilan memasak yang baik, yakinkan toko roti di dekat rumah untuk mau menjual produk buatan Anda, sebelum siap untuk memulai usaha sendiri.

3. Blogger

Jika Anda senang mengatakan banyak hal , mengapa tidak dimulai dari blog / vlog? (Mudah-mudahan, topik anda memiliki target pemirsa.) Buat ceruk pasar dari minat sendiri. Yang Anda butuhkan adalah komputer, koneksi internet yang stabil, dan kemampuan mengungkapkan pikiran secara jelas.

Tergantung jumlah orang yang mengunjungi blog Anda, bisa memperoleh penghasilan melalui iklan, kontes, dan hadiah. Jika Anda adalah seorang youtuber, dapat dengan mudah memulai saluran sendiri, membuat dan meng-upload video, dan mendapatkan potensi keuntungan. Yang Anda butuhkan adalah kamera dengan resolusi yang baik atau cukup mengguanakan kamera ponsel.

4. Layanan bimbingan belajar

Jika Anda pandai pada mata pelajaran tertentu, dan dapat tetap up to date dengan kurikulum sekolah, Anda bisa menawarkan jasa bimbingan belajar kepada anak-anak. Promosikan bisnis di lingkungan setempat, teman dan selebaran. Anda dapat membuat bimbingan belajar jarak jauh, Anda memanfaatkan situs video podcast, dan bimbingan online, sehingga memperluas basis klien.

 5. Cleaning Service

Jika Anda bersedia membersihkan kotoran orang lain, ini adalah bisnis yang dapat dimulai dengan investasi yang kecil. jika semboyan Anda adalah ramah lingkungan. Berilah beberapa produk pembersih yang ramah lingkungan dan selamatkan planet ini. (Ilh/Nrm)