Sukses

5 Trik Sukses Hadapi Wawancara Kerja

Wawancara kerja menjadi terasa rumit bukan karena tidak tahu persiapan, tetapi karena tahu terlalu banyak yang harus disiapkan. Sebelum Anda

Liputan6.com, Jakarta- Wawancara kerja menjadi terasa rumit bukan karena tidak tahu persiapan, tetapi karena tahu terlalu banyak yang harus disiapkan.

Sebelum terjebak dalam pertanyaan wawancara dan persiapan tak berujung, pastikan Anda mempunyai 5 hal yang harus dilakukan sebelum prosesi wawancara berlangsung, dilansir Payscale, Jumat (24/7/2015):
 
1. Selidiki perusahaan tersebut

Sekarang adalah waktunya untuk memahami calon kantor tempat anda bekerja. Ketahui sejarah perusahaan, termasuk misi dan pendiri perusahaan, dan berita terbaru tentang perusahaan tersebut.

Mulailah dengan situs web perusahaan, profil organisasi, dan kemudian lakukan pencarian melalui Google News, dan juga lihatlah profil media sosialnya.

Tahu berapa lama mereka berdiri, tantangan apa yang perusahaan tersebut hadapi, dan siapa pesaingnya. Yang paling penting, mencari tahu apa masalah mereka, hingga akhirnya kamu berkesempatan untuk interview.

2. Selidiki peran Anda

Lihat job tiltle dan cari tahu apa tanggung jawab dari posisi tersebut. Pikirkan tentang pengalaman Anda, dan apakah hal itu akan cocok. Lihat survei gaji untuk menentukan kisaran gaji posisi yang akan dijalani.

3. Kenali orang-orang penting di perusahaan

Jika memungkinkan memintalah nama orang yang akan mewancarai anda, sehingga dapat melihat mereka di LinkedIn sebelum sesi wawancara berlangsung.

Jika Anda diwawancarai orang-orang di luar HRD, berikan perhatian khusus pada latar belakang dan pengalaman mereka. Catat poin-poin kesamaan dengan latar belakang Anda.

4. Menjawab pertanyaan .

Hindari memberikan jawaban yang biasa saja untuk pertanyaan wawancara. Berkonsentrasilah pada hal yang menunjukkan bagaimana keterampilan Anda, pengalaman, dan gairah dapat membantu perusahaan mengatasi masalah.

5. Bahasa tubuh percaya diri

Duduklah dengan tegak, buatlah kontak mata senyaman mungkin, dan berjabat tangan dengan tegas. Bayangkan Anda adalah orang yang layak untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.(Ilh/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini