Sukses

Ini Dia Bandara dengan Pengunjung Paling Ramai di Dunia

Kali ini, Dubai International Airport berhasil merebut gelar `World Busiest Airport` atau bandara paling ramai dan tersibuk di dunia

Liputan6.com, New York - Tingginya pertumbuhan kelas menengah ke atas membuat jumlah penumpang pesawat yang memadati bandar udara (bandara) meningkat dari tahun ke tahun.

Kali ini, Dubai International Airport ternyata berhasil merebut gelar `World Busiest Airport` atau bandara paling ramai dan tersibuk di dunia, dan menyingkirkan London Heathrow International Airport ke peringkat kedua.

Mengutip laman Business Insider, Selasa (3/2/2015), lebih dari 70,4 juta penumpang internasional melintas di banyak ruang bandara, terminal dan berbagai toko bebas pajak sepanjang 2014. Total penumpang tercatat naik 6,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Tingginya jumlah penumpang di bandara tersebut mendapat dorongan dari tingginya ekspansi rute penerbangan dan lokasi penerbangan internasional yang diincar para wisatawan.

Lonjakan penumpang pesawat juga dipicu tingginya penumpang Emirates, maskapai penerbangan tersibuk di dunia. Volume pengunjung internasional itu terus melonjak di maskapai yang berbasis di Dubai tersebut.

Maskapai penerbangan Emirates memang menerbangkan pesawat super jumbo Airbus A380.

Sebaliknya, Heathrow di London yang sebelumnya menempati peringkat pertama sebagai bandara tersibuk di dunia, tahun lalu hanya menyerap 68,1 juta penumpang internasional. Jumlah tersebut tertinggal cukup jauh di bawah pertumbuhan penumpang di bandara Dubai.

Juru Bicara Heathrow mengatakan, rencana peningkatan penumpang yang gagal diluncurkan membuat bandara gagal mempertahankan gelarnya.

Tahun ini, Dubai tengah membuka ruang tunggu penumpang lain. Pihak manajemen memprediksi sekitar 79 juta pengunjung internasional akan datang.

Selain itu, Dubai Airports juga tengah berencana membangun bandara baru senilai US$ 32 miliar dalam delapan tahun ke depan dengan kapasitas mencapai 240 juta penumpang. (Sis/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.