Sukses

Jokowi Minta Kapasitas Penumpang Pesawat N219 Ditambah

Liputan6.com, Bandung - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi pabrik pesawat andalan Indonesia, PT Dirgantara Indonesia (Persero)/PT DI di Bandung, Jawa Barat pada Senin malam.

Usai kunjungannya, Jokowi memberi beberapa catatan bagi perusahaan BUMN strategis tersebut. Salah satu hal yang diusulkan Jokowi adalah mengenai pengembangan produk N219 milik PT DI.

"Kalau untuk pasar dalam negeri, pesawat dengan kapasitas 30-60 penumpang itu yang akan banyak diperlukan, oleh sebab itu tadi ada N219, itu penumpangnya hanya 19 orang. Jadi menurut saya perlu ditambah menjadi 30 an orang," kata Jokowi di Kantor Pusat PT DI, Bandung, seperti ditulis Selasa (13/1/2015).

Mengenai konsep pesawat yang menggunakan tipe propeler/baling-baling, itu merupakan konsep yang pas dengan karakteristik Indonesia yang terdiri dari berbagai pulau dan dapat mendarat di landasan pacu yang lebih pendek.

Untuk itu, Jokowi meminta ‎kepada manejemen PT DI untuk lebih baik berkonsentrasi memproduksi pesawat yang model pesawat baling-balingnya menjadi model andalan.

"Saya ingin membuat plan atau perencanaan 50-100 tahun mendatang, dengan sumber daya manusia yang menurut saya sangat baik, harus ada rencana bisnis yang jelas, konsentrasi saja di situ," paparnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut kembali menambahkan‎ PR bagi manajemen PT Dirgantara Indonesia untuk lebih aktif dalam melakukan kegiatan promosi baik di dalam negeri maupun ke luar negeri.

Seperti diketahui, pesawat N219 sendiri saat ini menjadi project pengembangan utama PT DI. Pesawat tersebut akan menjadi pesawat asli buatan anak bangsa setelah N250 buatan BJ Habibie.

Pesawat tersebut ditargetkan akan mampu selesai pada 2017, dengan tahap awal baru akan dilakukan uji kelayakan terbang.‎ (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • PT Dirgantara Indonesia (Persero) adalah salah satu perusahaan di Indonesia yang bergerak di industri pesawat terbang.
    PT Dirgantara Indonesia
  • pt di